Blog

Tahun Ketiga

Jahanamnya kemacetan ibukota adalah kelaziman. Ia terjadi setiap hari, seperti sekarang ini ketika aku berada di tengah-tengahnya. Suara klakson saling bersahutan berelaborasi menjadi sebuah simfoni yang merdu, namun tetap saja menjemukan. Sinar matahari di luar sana sudah sedemikian terik. Kekhawatiran terlambat untuk segala aktivitas mulai terlihat melalui wajah-wajah cemas anak manusia di dalam bus kota. Ya, aku berada di antaranya. Dalam kondisi seperti ini apa yang bisa kulakukan selain diam, melamun menunggu bosan. Aku melihat arloji di tangan kiriku. Jam delapan lewat dua puluh dua menit, dalam lamunan itu pikiranku berkelebat ke waktu beberapa tahun yang silam.

Waktu yang sama, tiga tahun yang lalu. Lanjutkan Membaca …

Most Commented

Anak Kecil Itu

Suatu hari, pagi datang dengan sebagaimana mestinya. Embun yang beberapa waktu sebelumnya berjatuhan, memberikan nuansa sejuk pada pagi, kini telah digantikan cahaya … Lanjutkan Membaca ...

Kupu-Kupu Malam

Ia berdiri di dalam hujan yang berjatuhan perlahan, bersandar pada sebatang tiang dengan lampunya yang mulai padam. Ia, wanita itu, hanya menatap … Lanjutkan Membaca ...

Satu Tahun Yang Lalu

“Sudah pembukaan empat, Pak” perawat berusaha menjelaskan setelah berulang kali aku menanyakan kondisi istri yang saat ini sedang terbaring di unit gawat … Lanjutkan Membaca ...

Aku Anak Pahlawan…

oleh

>

10 November ….
Hari pahlawan yaa??
Hari di mana, disini di Negara Indonesia ini para Pahlawan di sebut sebut dan disanjung sanjung, melebihi biasanya.
Harus seperti itu?? Yaa kali yaa, tiap tiap pahlawan yang dulu pernah berdarah darah atau bahkan sampai kehilangan nyawanya untuk negri tercinta ini. Dapet apresiasi lebih seengganya setahun sekali.
Tapi, kaya nya bukan itu yang mereka pengen…
Di atas sana, para pahlawan yang udah ninggalin kita duluan (mungkin) lebih pengen kita, sebagai generasi penerus tuh ngasih hal yang sama kaya yg mereka lakuin, dalam artian kita berjuang dan berkorban di bidang yang kita geluti sampai batasan maksimal kemampuan yang kita punya.
Yaa kita ga mesti sih, ikut ikutan perang kaya yg mereka lakuin dulu,,
Berarti kita yang muda muda gini ga perlu tawuran tawuran ga jelas,,
Mereka kan perang untuk NAMA BAIK INDONESIA di kemudian hari,, nah yg tawuran?? BELA NAMA BAIK SEKOLAH ?? boro boro baik, yang ada sekolahkitamakin buruk reputasi nya klokitatawuran. Beda konteks lah perang masa lalu sama perang masa kini.
Sebagai Pelajar, dengankitasekolah dengan rajin dan dapet nilai bagus,kitaudah jadi pahlawan buat hidup lu,,
Atau yg kuliah, dengankitakuliah rajin tanpa pernah nitip absen dan ga nunda nunda skripsi lu, jadikitabisa cepet lulus, itu udah termasuk pahlawan buat hidup lu.
Di kesempatan lain, keberhasilan studikitabisa bikin orang tua bangga,, yaa orang tua SANG PAHLAWAN sesungguhnya.
Guru sering dikasih gelar ga resmi PAHLAWAN TANPA TANDA JASA,, yaa gue setuju sama sebutan itu, meskipun kebanyakan nya ga setuju.
Kenapa?? Yaa iyalah, klo guru sampe dapet gelar terhormat seperti itu, gelar apa yg harus kita sematkan ke orang tua?? PAHLAWAN TANPA PERNAH MENDAPAT TANDA JASA ??
Ga cukup menurut gue,,
Gini deh, simpelnya guru kan tiap bulan dapet gaji,, dengan ngajar kita berapa jam per hari nya,, cukup Fair kan??
Dan elu lulus, selesai perkara dengan guru,,
OKelah banyak ilmu ilmu yang beliau kasih yg tetep bisa kita amalin di kemudian hari,,  itu satu poin plus nya.
Nah ORANG TUA ?? Ayah, Ibu, Papa, Mama, Bapak, Emak atau apapun panggilan kesayangan untuk beliau beliau..
Hampir seluruh waktu yang beliau punya di fokusin ke satu titik,, titik yang kadang lupa sama mereka yang mikirin,, titik yang kurang ajar, ga tahu terima kasih, dan ga ngertiin kondisi orang tua,, titik itu yaa kita,, anak nya.
Tanpa pernah dapet gaji atas apa yg mereka lakuin untuk kita,, malahan kita yg ngabisin gaji mereka,, dan dengan waktu yang lebih banyak dari yg guru kasih, jelas lebih banyak ilmu ilmu yg bisa kita amalin dari orang tua, sadar atau ga sadar.
Dengan deskripsi singkat itu, jelas kan kalo orang tua tuh paling pantas di sebut pahlawan, pahlawan sesungguhnya,, pahlawan yg lebih terhormat dari para pahlawan tanpa tanda jasa…
Nah,, terus apa yg harus kita lakuin??
Bagaimana kita juga bisa jadi pahlawan??
Belum saatnya kawan,,  tapi santai, giliran itu bakal ada, saat kita dewasa nanti,kita bakal jadi pahlawan untuk anak anak kita.
Yang sekarang yang bisa kita lakuin, Cuma nyiapin pribadi untuk menuju kesitu,,
Caranya??
Banyak banget, meskipun ga gampang…
Yang simple, kitaCuma harus bisa posiin diri kita untuk tetep semangat dan senyum di depan orang tua kita,, meskipun kadang keputusan orang tua tuh ga sinkron sama apa yg kita pengen, kalo kejadian seperti itu, marah lah,, silakan marah sepuasnya.
Tapi kita harus marah dengan anggun, marah dengan bijak..
Artinya kita harus marah dan ungkapin apa yg kita pengen,, tapi dengan porsi kita sebagai anak, tanpa kata kasar namun tegas, dan tetep dengan rasa hormat kita sebagai anak ke orang tua.
Dengan gitu orang tua bakal ngertiin apa yg kita pengen, meskipun ga semua bisa kewujud seengganya tetep ada solusi untuk itu.
Dan tiap kita ada masalah, jadiin orang tua kita sebagai media konsultasi, karena orang tua adalah psikiater terbaik di dunia. Jangan bikin orang tua kita khawatir dengan masalah hidup kita, dengan perubahan sikap kita. Biarkan mereka tahu kita seutuhnya.
Dan dengan rasa bahagia, kita berusaha sekuat tenaga untuk bisa bikin mereka bangga, atas apa yg kita lakuin di hidup kita. Bikin orang tua kita selalu tersenyum.
Dengan gitu, di sudut pandang yang lain kita bisa jadi pahlawan kecil untuk orang tua kita,,
Dan di dalam prosesnya, di dalam bentuk pendewasaan diri,,
Apa yang kita perbuat sekarang, kepada mereka para orang tua,, itu bakal jadi bekal kita nanti, saat dewasa, untuk jadi PAHLAWAN sesungguhnya untuk anak anak kita.
Semoga

Thanks,, Eks !!!

oleh

>

Lagi lagi lagi,,
Timeline gue di jejali dengan kegalauan yang kian memuncak,,
Hampir tiap malem timeline gue ternodai dengan kegalauan missal yang semakin lama semakin memprihatinkan,,
Sempet kelintas di pikiran gue,, kok egois sih mereka?? Galau nya ga pernah ngajak ngajak
Pengen donk gue sekali kali ngerasain yang namanya galau
Beneran deh di usia gue yang taun depan nginjek angka 20 (la la la la la) gue belon pernah ngerasain galau #jogetjoget.
Apa penyebab galau?? Ga akan gue certain lagi udah pernah gue bahas disini
Yang gue bahas sekarang adalah salah satu nya aja,,
Yang galau tuh biasanya orang yang berstatus jomblo yang amat menyedihkan single ..
Entah single karena prinsip, single karna nasib
Atau yang paling keren dan mendominasi, single ditinggal pergi sama pacar
*Ciyee Ciyee baru putus nih yee..*
Nah untuk case yang terakhir, single yang DITINGGAL PERGI SAMA PACAR , bahasa halus nya baru putus kalo bahasa gaul nya DICAMPAKAN DENGAN SEMENA MENA #yangbacabakalanmakingalau.
Lucu sih yaa, di usia yang mayoritas udah ninggalin periode ALAY untuk menuju ke proses pendewasaan, masih banyak aja yang terjerembab di jurang nestapa yang bernama GALAU, Cuma karena baru putus??
Hey Guys,, lu masih muda kali, ngapain amat mesti stuck di situ situ aja,,
Anak modern masa kini sih bilang,, MOVE ON guys
Jangan kebelit belit sama periode sulit yang bikin emosi lu jadi ga kekontrol,,
Tahu ga sih, temen nya orang galau tuh cuma 3 
  1.  Twitter
  2.  Facebook
  3. Pisau

Yaa,, Cuma 3 media itu doank yang nemenin lu pas lu galau,, lu bakal nyampah tentang kegalauan lu di timeline twitter, biar apa coba??
Dan setelah itu, lu copas tweet tadi dan di update jadi status facebook.. #tengtong bener yaa??
Nah setelah beberapa waktu kemudian,, klo tweet tadi ga ada yang RT-in atau ga ada yg Reply , lu bakalan tambah stress dengan ng-RT-in tweet sendiri.
Di facebook ketika udah ga ada komen, lu bakal nge-chat ke semua list temen lu dan bilang LIKE-IN STATUS GUE DONK.
Lah, ini galau sama alay jadi beda tipis yaa??
Yaudahlah,, 
Kemudian klo tweet dan fesbuk nya udah sepi, mulai lah pisau dimainin,,
Potong kue pake pisau,, makan pake pisau,, cebok pake pisau,, tidur peluk pisau,,  absurd maksimal lah pokok nya.
Yaa ga usah gitu gitu amat lah,, ngapain sih kaya gitu,,
Kalo udah putus sih yaudah putus aja sihh??
Ga bisa lupain mantan?? Mau tips ??
Oke gue kasih..
Nih TIPS NGELUPAIN MANTAN :
  •  Tidur

Yaa,, kalo lu jadiin mantan sebagai beban hidup lu,, Cuma saat tidur doank lu ga bakal inget sama mantan lu , (itu juga kalo doi ga iseng masuk ke mimpi lu).
Eh serius,, jangan dipikir gue becanda yaa.
Kapan coba gue pernah bercanda,,
Realistis deh kawan,,
Gini deh secara logika, lu putus ada penyebabnya kan??
Dan penyebab putus ga mungkin baik kan?? Ga mungkin kan putus karna hal beginian :
“sayang, kamu cantik deh , kita putus yuu”
“sayang, kamu baik banget deh sama aku, putus yuu”
Ga mungkin kan??
Pasti penyebab putus tuh hal hal jelek, dari elu nya, atau dari pasangan lu nya..
Yaudah, kalo udah gitu udah aja
Kalo sampe lu ngebet pengen punya hasrat balikan lagi, setelah tahu letak kesalahan yang udah lu buat pas lu berhubungan kemaren,,
Berarti lu punya obsesi buat jadi keledai, karna Cuma keledai yang bakal ngulang kesalahan yang sama..
Misalnya kesalahan fatal yang bikin lu putus tuh ada nya di pasangan elu, berarti lu yang punya obsesi buat jadi keledai, dah tahu doi salah lu masih aja ngebet.
Kalo kesalahannya ada di elu,, berarti lu tega ngebiarin mantan pasangan lu jadi keledai,, itu aja sih pilihannya.
………..
“tapi kan manusia berhak punya kesempatan kedua”
Yaa sekarang gini deh, klo emang di hubungan kalian cukup bijak untuk ngasih kesempatan lagi, kenapa ga pas sebelum putus ngasih kesempatannya?? Kenapa setelah putus baru minta kesempatan lagi??
“tapi kemaren kan karena emosi sesaat”
Nah itu tau  karena emosi,, berarti klo tar ada kejadian lagi ga bisa ngontrol emosi lagi, putus lagi??
“iya tapi kan udah pernah kejadian gitu, berarti nanti nya harus lebih bijak lagi donk kalo ada masalah?”

Klo lu atau pasangan lu punya pikiran bijak buat ngasih kesempatan, dan yakin bisa belajar dari kesalahan yang yang udah dibikin, meskipun emosi, lu pasti bisa ngendaliin perasaan untuk pertahanin hubungan itu sebelum ada kata putus.
………………
Percaya deh guys, saat lu putus karena suatu masalah, dan secara ajaib lu balikan sama mantan lu,  masalah yang kemaren tuh bakal gede kemungkinan buat di “gede gedein” tiap lu ada masalah, bakal di ungkit terus, dan rasanya bakal lebih  nyecep. #kemudianJlebbb

Jadi yaudah, klo udah putus udah aja..
Biarin pasangan lu tuh jadi masa lalu aja, ga mesti dilupain
Tapi di jadiin pelajaran,,

Jadiin kesalahan berhubungan lu di masa lalu itu Spion di hidup lu yang sekarang,,

Ga mesti di liat dan di inget tiap saat, tapi di lihat ketika lu mau maju ke depan, untuk waspada  kalo kalo ada sesuatu yang dateng dari belakang.
Analogi lain,,
Lu ga bisa terus terusan jadiin masa lalu tuh beban,, lihat jalan dan hari hari yang ada di depan kita, pernah denger ga ada orang yang bisa selamat klo jalan nya liat ke belakang?? Pengen maju, tapi jalan nya mundur..
Yaa lu ga akan pernah nyampe ke tujuan lu kalo gitu caranya.
Tapi meskipun gitu, ga pantes kalo lu putus sama orang, dan lu jelek jelekin orang itu apalagi sampai benci..
Gimanapun, dan apapun agama yang lu yakinin, ga pernah ada agama yang ngajarin umat nya untuk saling benci.
Terima dia sebagai masa lalu hidup lu,tapi ga perlu bikin harapan untuk balikan.
Terima lah dia sebagai satu jalan dalam proses pembelajaran buat bentuk pribadi lu yang lebih kuat.
Berterimakasih lah sama dia, karena dia, lu bisa belajar untuk ga ngulang kesalahan yang sama ketika lu dah dapetin masa depan lu di hubungan yang baru.
Jadi,, bisa kan ngucapin thanks n goodbye buat mantan??

SUMPAH (calon) PEMUDA

oleh

>

SOEMPAH PEMOEDA

Pertama :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA
Djakarta, 28 Oktober 1928
Selamat Hari Sumpah Pemuda…

Yaa, praktis tiap tanggal 28 Oktober , segenap rakyat Indonesia mulai menyuarakan sumpah nya, di jalan, di TV, di Koran dan dimana mana, SUMPAH PEMUDA jadi topik hangat hari ini??

Hasil Kongres Pemuda Indonesia pada 1928 antara lain adalah rumusan sikap positif para elite pemuda Indonesia yang amat strategis tentang keragaman budaya. Mereka datang mewakili berbagai organisasi kepemudaan, agama yang ada di Indonesia dan sebagainya. Rumusan itu terkenal dengan nama Sumpah Pemuda. Isinya mengumandangkan pengakuan adanya hanya satu tanah air bersama, yaitu Indonesia, satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia yang satu sebagai bahasa persatuan Indonesia.


Dari sudut pandang gue??

Apa itu kongres sumpah pemuda??

Apa itu sumpah pemuda??

Menurut gue mereka yang hadir disana adalah sekumpulan pemuda ALAY yang nulis nya masih kembang kempis gitu,,
Baca poin poin di atas deh ,, kurang alay gimana coba?? Tulisan di CAPS LOCK huruf “U” jadi “OE” , “Y” diganti “J” dan lainnya. Nyusahin yang baca kan??
Makanya mereka ga bikin point tambahan , KAMI BANGSA INDONESIA AKAN BERUSAHA UNTUK MENULIS SESUAI DENGAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN. Mereka ga mau kan ke-Alayan-mereka jadi konsumsi publik.

Tapi mereka pasti sedih, kalo mereka tahu point ke 3 yang mereka susun, tentang BAHASA INDONESIA sebagai bahasa persatuan, oleh pemuda masa kini telah diedit sedemikian rupa.
Lebih parah lagi,, para pemuda yang telah kehilangan hasrat pemuda nya dengan semena mena mengganti kosakata bahasa Indonesia dengan bahasa bahasa mereka, kaya gimana??

Contoh :
Aku = > Eike / Akika
Kamu = > yey
Begitu = > Begindang

*Gatahu lagi deh gue,, tar gue coba tanyain lagi yaa*

Kalo yang hadir di kongres itu tahu bagaimana BAHASA telah di upgrade oleh para penerusnya yang tiap tanggal 28 October teriak teriak di jalan tentang HAKIKAT sumpah pemuda.
Mereka pasti sedih, mereka nangis,

Oke, ga panjang lebar lagi..

Salute buat para “om om” yang dianggap muda yang saat itu datang ke Kongres dan berhasil menyatukan suara , sehingga lahir lah SUMPAH yang fenomenal itu, SUMPAH PEMUDA

Gue ga punya kapasitas dan kemampuan agung untuk SOK ikut-ikutan nasionalis , atau ikut  bla bla bla buat biar ngerasain euphoria ini,,
Tapi okelah,,
Sebagai PEMUDA yang udah mulai beranjak dewasa,, gue bakal berucap SUMPAH juga ,, yaa sekedar latah aja, tapi SUMPAH yang sesuai kapasitas gue sebagai pemuda imut nan rupawan.
Sumpah Pemuda :
  1. Agar pemuda dapat lebih menghargai dan menjunjung tinggi peran pemudi di dalam kehidupannya. 
  2. Agar pemuda tahu mana yang harus diperangi dan mana yang harus di sayangi.
  3. Agar pemuda dan pemudi Indonesia bisa tetep survive di musim galau.

Demikian

Emansipasi…

oleh

>

Kemaren gue nonton spongebobs edisi Mr. Krabs Vs Plankton..
Tiba tiba ngeh aja gitu,, cerita nya mirip banget sama kehidupan manusia pada umum nya di jaman sekarang.
Apa coba??
EMANSIPASI
Sekarang kan banyak banget cewe yang minta KESETARAAN dengan cowo, terutama di aspek kedudukan dan penghasilan,,
Bener ga??
Kalo iyaa,, menurut lu penting ga sih emansipasi??
Menurut gue sih emansipasi tuh sifatnya insidentil kali yaa,, ga mesti kan di semua momen cewe menuntut emansipasi??
Contoh nya gini deh,,
Di kantor,, cewe menurut gue punya HAK dan KESEMPATAN yang sama untuk mengejar karir,,
Atau di sekolah,, cewe boleh buat bersaing sama cowo buat jadi peringkat pertama di kelas.
Tapi untuk momen dan kasus tertentu,,
Kayanya cewe, harus terima kodrat nya deh sebagai cewe,,
Gini deh,, missal kita (cewe dan cowo) lagi jalan,, terus kita dirampok
Nah kondisi kaya gini,, biarin deh kita yang cowo yang ngadepin,, kita ga mau aja gara gara judul nya emansipasi terus kalian sebagai cewe minta ikutan buat berantem.
Ga,, engga,, kita ga mau,,
Kalo pun kita kalah berantem,, mending kita lari bareng bareng aja deh..
Ato di kasus lain,, kita (masih) lagi jalan, dan kita cowo kebelet dan nyari toilet dan pipis dan berdiri.. jangan sekali kali kalian minta ikutan pipis berdiri karena alasan emansipasi. PLEASE
 Sah sah aja kok,, tapi tolong dong ngertiin kita juga
Inget Ladies, Tuhan nyiptain kalian tuh buat kita sayangin,, buat kita jagain ,, dan buat dapetin sayang dari kita ga semua yang kita lakuin mesti kalian ikutin.
Kita ga ngelarang kok kalian suka bola,, atau kalian main bola,, tapi please jangan pernah nyuruh kita maen Barbie untuk alasan emansipasi.
#eh tapi ini ga melulu soal cewe kok,, sekarang banyak juga kan cowo yang meminta persamaan hak sama kaya cewe,,
Contoh nih :
Alkisah di suatu sekolah ,, cewe cewe banyak yang ngegosip tentang amira,,
Dengan kesal hati karena ga diajakin ngbrol,, agus pun dengan bijaksana mulai mengikuti kisah hidup amira tiap malam,, Jadi tentang pak prabu, rizki, zahira, maisa sampai surti pun Agus jadi hapal di luar kepala,,
Suatu ketika,, pikiran agus pun terasuki,, kini agus enggan memakai sarung,, lebih cenderung pake mukena..
Dan keluarganya pingsan saat agus mengenalkan bambang sebagai pacarnya..
Sadar gus,,
Okelah,, lupakan tentang agus..
Balik ke bahasan pertama tentang emansipasi,,
Menurut gue sih, sebenernya di dunia ini ga perlu sih ada kata emansipasi..
Toh pada kenyataannya,, di dunia ini semua berjalan sebagaimana mestinya, manusia yang dibilang pria pun harusnya ga munafik,, banyak kok kelebihan wanita yang ga dipunyain sama pria,, pake hak tinggi misalnya.
Yaa, ga akan pernah habis kalo kita bahas tentang emansipasi..
Yang pasti,, dari sana nya,,
Cewe diciptain dari tulang rusuk nya cowo,,  sebagai cewe, cewe harus bisa menghargai cowo karena cewe hidup dari bagian tubuh cowo..
Sebagai cowo ga boleh egois juga, karena itu cerita pada awalnya doank, dewasa ini tetep aja kita sebagai cowo harus bisa menghormati cewe,, karena dari ujung sana kita lahir.
…..

Mau kemana ??

oleh

>

Tiba tiba ada berita yang cukup ngagetin yang gue terima,,
Bikin shock emang,,
Bagus atau jeleknya gue belon bisa nangkep
Yang pasti ngaruh buat masa depan,,
Kedewasaan dan pola pikir gue kembali diuji, ini bukan masalah, ini pilihan..
Yang bener bener erat kaitannya sama masa depan
Untuk sukses manusia harus bisa ninggalin zona nyaman yang udah dia buat,
Untuk berhasil harus ada keberanian keputusan yang diambil, meski ada sedikit paksaan…
Ngomong apaan sih gue??
Gini deh,,
Saat ini, ada pilihan di mana gue mungkin harus ninggalin semuanya yang udah gue bangun, udah gue biasaain jadi hari hari gue.. untuk diberi kesempatan yang lebih menjanjikan di tempat yang bener bener BARU di semua aspek.
Dan bikin dilemma buat gue,,
Di satu sisi, gue dah terlalu nyaman disini
Di sisi lain, ada pilihan buat lebih berkembang..
Dan setelah pikiran gue sedikit terusik , pilihannya membanyak..
Stay disitu, Move dengan materi baru, atau berhenti sama sekali..
Cukup complicated..

SESUATU AKAN KERASA BERHARGA SAAT LU UDAH KEHILANGAN SESUATU ITU

Dan untuk case ini,
Apapun keputusan yang gue ambil
Bakal ada rasa kehilangan buat gue di semua pilihan yang gue ambil,,
Kalo gue mutusin buat stay, gue bakal nyesel ga ngambil kesempatan yang jarang dateng
Kalo gue mutusin buat MOVE, gue bakal nyesel ninggalin tugas gue yang belum selesai di hidup gue..
Dan kalo pilihan terburuk nya gue harus berhenti.. gue ninggalin semuanya.
Dalam satu minggu kedepan,,
Bakal ada keputusan final tentang masa depan gue..
Apapun itu,,
Cuma MAAF yang bisa keluar dari mulut gue..
Maaf untuk semuanya…
Go to Top