Dark

Light

Dark

Light

Scroll to top

OPPO Reno6: Menangkap Emosi Lewat Kamera

“Nuju naon, Kang?” aku sedang berbelanja di salah satu pusat perbelanjaan di daerahku ketika aku melihat sesosok pemuda gempal yang sedang asyik di atas kursi plastik sambil menatap layer ponsel di depan etalase tokonya. Di atas etalase, kopi panas masih mengepul, rokok kretek tersempil di tengah-tengah jemarinya. “Eh, ngarereuwas wae euy. Kabiasaan. Ieu, keur nonton.” Ia menunjukkan layar ponselnya. Di layar terlihat sebuah aplikasi video yang sedang memutar film -yang kutebak ia dapat dari unduhan situs film bajakan.  Sebuah film yang kuhafal betul isinya. Inside Out, nama film itu. “Anteng kitu, euy!” aku menggodanya. Yang digoda membalasnya dengan kekehan ringan yang menyebalkan. “Enya, euy, rame. Kapikiran waenya orang barat mah nyieun film jiga kieu. Geus nonton?”. Ia balik bertanya yang kujawab dengan sebuah anggukan.

Tentu saja aku tahu. Film yang kutonton berulang kali. Film yang mengejawantahkan emosi manusia ke dalam beberapa bentuk yang berbeda. Yang masing-masingnya akan bereaksi hebat tergantung pada kondisi dan keadaan manusia itu. Aku mengamini pernyataannya tadi. Para pelaku film di luar sana memang luar biasa. Memahami melalui visual bagaimana emosi manusia itu bekerja tentu menjadi pengalaman yang luar biasa.

Rek naon? Ganti hape deui?” pertanyaannya membuyarkan lamunanku.

Henteu atuh, kang, kerek ge kamari” kujawab. Ya, baru beberapa waktu lalu aku membeli ponsel dari tempatnya. Yang terjadi kemudian adalah kami beranjangsana. Saling mengabsen kabar setelah beberapa lama tak bersapa. Bercerita tentang kondisi kehidupan akibat pandemic yang tak kunjung reda dan, tentu saja, mengupas tuntas isi film yang sedang ia tonton.

Resep jigana mun urang bisa tahu kondisi emosi baturnya, Kang!?” kubilang. Itu setelah ia menyuguhkan secangkir kopi panas sebagai tanda obrolan harus menjadi panjang. Ia mengernyitkan dahinya tanda berpikir, mengembuskan asap kretek dari rokok yang ia hisap. “Aya sebenerna mah. Apal AI kan? Eta nu ayeuna sok aya di kamera-kamera hape canggih. Kecerdasan buatan tea gening. Kan tujuan awalnya juga dibuat untuk itu. Meh emosi manusia ketahuan” katanya bersemangat.

“Wah hape saya oge bisa atuh?”

“OPPO-nya?”

Ia melihat ponsel milikku. Memerhatikan tipenya dan mengingat-ingat spesifikasinya.

Iya, ada. Tapi belum terlalu wah tipe nu ieu mah. Aya nu leuwih alus. Kela kalem, anyar pisan soalnya. Can aya di dieu” ia tampak sibuk membuka bilah browser dari ponsel miliknya. Mencari sisa-sisa penelusuran dari riwayat pencarian yang pernah ia lakukan. “Nah, ieu. OPPO Reno6.Tingali judulnya oge OPPO Reno6 | Every Emotion, In Portrait”. Ia ucapkan dengan pelafalan Bahasa Inggris yang mengagumkan. Ia menunjukan sebuah artikel.

Spesifikasi umum OPPO Reno6

Di artikel itu disebutkan bahwa OPPO Reno6 membuat pendekatan berbasis kecerdasan buatan yang mampu mengabadikan berbagai emosi manusia dalam bentuk rekaman video portrait yang indah. Dari hasil rekaman tersebut, OPPO Reno6 juga akan menampilkan penjelasan terkait emosi atau ekspresi yang ditunjukkan obyek. Sebetulnya bukan hal baru, namun di seri ini OPPO menyempurnakan fitur yang telah disuguhkan di seri-seri sebelumnya. Bokeh Flare Portrait Video nama fitur yang disempurnakan tersebut. Dengan fitur itu ia dapat menghasilkan video dengan efek bokeh selayaknya mirrorless yang lebih presisi, serta peningkatan algoritma untuk memaksimalkan pencahayaan dan warna dalam pemrosesan video secara otomatis. Hasil perekaman juga dapat mengambil gambar pada 300/s untuk menghasilkan efek bokeh yang real-time. Menarik, ucapku dalam hati.

Alusnya?” tanyanya dengan semangat yang sama.

“Tingali, hampir kabeh fiturnya pakai AI. Aya AI Highlight Video aya AI Palettes terus ieu aya deui nu alus Portrait Beautification Video jang nu resep nge-vlog. Hai gaess” ucapnya meniru gaya-gaya selebgram jadi-jadian.

Aku membaca fitur fitur lain yang ada pada kamera yang tertanam pada ponsel itu. Untuk Photo ia menyebutkan tentang AI Color Portrait, Flash Snapshot (ICE/Image Clear Engine), Ultra Clear 108MP Image, Night Photo, AI Scene Enhancement. Sedang untuk Video iamembahas tentang Dual-View Video, AI Color Portrait, 960fps AI Slow Motion, AI Mixed Portrait, Ultra Steady Video, Bokeh Effect Video. Ya, dengan ragam fitur di kameranya mungkin OPPO Reno6 bisa menjadi smartphone favorit untuk content creator.

Fitur-fitur pada kamera OPPO Reno6

Yang membuatnya semakin menarik adalah fitur untuk menambah kapasitas RAM sampai 13 GB. Bawaannya saja dengan RAM 8 GB dan kapasitas memori internal 128 GB sudah lebih dari cukup. Ini lagi bisa ditambah. Baterainya yang hanya 4310 MaH memang tidak terlalu besar dibandingkan produk-produk yang baru keluar belakangan ini tapi tampaknya bisa dimaafkan dengan kemampuan daya 50W untuk pengisian cepat. Bahkan untuk para pemain game sekalipun, OPPO Reno6 bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Ia sudah dilengkapi fitur Hyperboost 4.0 yang dilengkapiAI Frame Adjustment untuk menyuguhkan performa kencang dan stabil, Gaming Shortcut Mode, Bullet Screen Message dan Game Focus Mode yang semuanya memiliki fungsi untuk memberikan kenyamanan saat bermain game.

“Alusnya?” katanya sekali lagi.

Aku mengangguk dan tidak bisa tidak sepakat. “Desainnya oge lumayan alus kang. fingerprint-proof deuih, moal aya bekas sidik jari nu nempel!” aku menambahkan. “Kan make casing atuh orang-orang jaman now, mah” katanya berpendapat. “Ya, kan masih ada juga yang tidak mau pakai casing” aku tak mau kalah. “Sok lah kang, beli. Akang nu Aurora saya nu Stellar Black” aku menantangnya.

Fitur Gaming pada OPPO Reno6

“Bener, yeuh? Saya telfon supplier ayeuna ceunah kirim barang besok”

Hahaha” aku tertawa gurau. “Entong waka, kan kerek kamari ganti hape

Cicil deui bae

Ieu ge can lunas kang

“Tapi benernya. Tadi bahas Inside Out, ayeuna OPPO Reno6. Kapikiran waenya orang barat mah nyieun jiga kieu.” ia mengembalikan topik ke pembahasan awal tadi.

 “Tapi OPPO mah kan produk China, Kang!?” aku menyanggahnya.

 “Eh, enya, revisi atuh. Kapikiran waenya orang luar mah nyieun jiga kieu”. Ia merevisi pernyataannya.

Tapi moal bisa jiga Inside Out, sih, Kang”.

“Nya heeuh atuh da lain film ieu mah” Kita tertawa bahak setelahnya. Membiarkan kopi menjadi dingin di tempatnya, menyisakan kehangatan dari obrolan yang masih panjang setelahnya. Masih beberapa batang kemudian sampai aku benar-benar mengucap pamit ke pemuda gempat itu. Bersamanya, tak pernah ada diskusi yang membosankan.

Author avatar
andhikamppp
http://andhikamppp.com
Lelaki yang menulis ketika anak dan istrinya sudah tidur | Pembaca buku yang lambat | Pemimpi yang arogan | Karyawan swasta yang ingin pensiun | Mau liburan tapi gak punya cuti | Percaya bumi itu, bulat atau datar? | Terimakasih telah berkunjung, semoga menyenangkan. Jika berkenan, silakan baca tulisan kami yang lainnya. Untuk bisnis dan kerja sama silakan hubungi saya melalui halaman kontak

9 comments

  1. Selain RAM yang lega, jadi bisa instal aplikasi apa aja, yang paling kusuka dari OPPO Reno6 itu kemampuannya bikin video dan foto yang bokehnya natural. Buat foto produk juga asyik.

  2. Test tiga

    Kayaknya menarik obrolannya. So translate plissss…

    Kalau OPPO Reno6-nya udah jelas menarik, sih 🙂

  3. Keren ya Oppo RENO 6 canggih. Alus alias smooth nonton dan juga beragam fitur AI nya mantab kayaknya

  4. Pilihan terbaik untuk saat ini ya kak, muali dari performa, jeroan sampai harganya. Beneran smartphone yang kudu dimiliki untuk konten kreator sih ya

  5. Gak cuma manjain konten kreator ya, Oppo Reno6 ini ngasih fitur kece banget buat para gamers, gaming shortcut dan focus mode

  6. Ruli retno

    Terjemahan donk plisss.. aku kepo juga sama oppo reno ini, RAm nya ituloh ngeri sampe 13 ya.. kayanya buat yg multitasking di hp itu akan memanjakan banget

  7. Kebayang banget punya OPPO Reno6, aku jadi puas nonton drama Korea di HP.
    Etapi, sagala bisaeun kalo sama OPPO Reno6 mah… Gak perlu khawatir sam memori pernuh. Juara!

  8. Obrolan yang penuh kehangatan tapi sayang… Ga tau artinya apaaa.. Taunya cuma spesifikasi kamera dan video OPPO Reno 6 bokeeeh…

  9. OPPO reno memang luar biasa spesifikasinya, semoga aku punya rejeki aamiin.
    Bisa ngonten dan nonton jadi satu. Download apapun nggak bakalan ada notif penuh kayak hapeku sekarang

write your comment / request below

%d bloggers like this: