Maret Mantap

oleh

Apa yang paling menyebalkan setiap kali habis berbelanja? Ketika melihat harga yang lebih murah dari apa yang sudah kita bayarkan sebelumnya. Saya ingat waktu itu istri pernah ‘manyun’ parah, padahal ia baru saja dibelikan barang yang sudah cukup lama ia inginkan. Baru kemudian saya paham ‘manyun’  itu muncul karena tak lama setelah barang itu dibeli, ia melihat barang yang sama persis dengan harga yang lebih murah puluhan ribu rupiah. Dulu saya tertawakan perilaku seperti itu tapi karma datang begitu cepat. Sekarang saya yang sedang terjebak dengan perilaku seperti itu. Kepikiran, euy. Gondok dan sialan.

Bedanya penyebab kegondokan saya bukan soal harga lebih murah. Sudah cukup lama saya lebih suka berbelanja melalui jejaring online. Ketika misal saya hanya punya satu dua target belanja dengan nominal rendah, saya tidak terlalu mempersoalkan beli di mana dan harga berapa. Cukup mengetik nama barang di kolom pencarian, target belanja dengan ulasan terbaik pasti langsung saya beli. Namun, ketika target belanja memiliki harga yang lumayan ditambah dengan jumlah yang cukup banyak, saya akan melakukan seleksi lebih ketat. Harus memiliki kriteria: termurah, ulasan terbaik dengan diskon atau potensi cashback tertinggi. Ya, fenomena yang terjadi di belanja online belakangan ini menjadikan saya termasuk ke dalam golongan fakir cashback.

Satu minggu yang lalu, saya berbelanja cukup banyak dengan nominal cukup tinggi. Dan tebak? Saya gondok luar biasa. Karena hari ini di Tokopedia, tempat saya berbelanja kemarin, sedang ada promo cashback luar biasa dalam program Promo Tokopedia Maret Mantap.

Maret Mantap. Sumber: Tokopedia.com

Tentu saja dalam fenomena yang diadakan marketplace belakangan ini, termasuk Tokopedia, terdapat syarat dan ketentuan khusus. Misalnya minimum berbelanja dan maksimum cashback yang diberikan dari total belanja tersebut. Menghitung total belanja saya minggu lalu, seharusnya saya bisa mendapatkan minimal satu buah mainan anak yang selalu ditagih oleh Si Jagoan setiap kali panggilan video dilakukan atau satu waist bag untuk membawa mainan saya atau dengan menambah sedikit, saya bisa membeli satu sepatu kerja. Lumayan, kan?

Jika tidak salah ingat, program ini adalah salah satu program dari Tokopedia dengan cashback tertinggi. Yang saya tidak tahu, di akun sosial media Tokopedia, telah disebutkan beberapa kali sebelumnya clue tentang akan adanya program promo tersebut.

Nasi sudah menjadi bubur. Saya harus menjadikan ini sebagai pengalaman. Camkan kalimat ini: Sabar adalah kunci ketika berbelanja online. Apalagi barang yang kamu beli bukanlah barang yang harus kamu gunakan buru-buru. Di rentang satu minggu saja, sudah ada perbedaan yang cukup signifikan.

Sekarang, saya sedang merajuk ke istri, untuk segera mengalokasikan anggaran belanja rumah tangga di bulan ini. Ya, biarlah istri yang belanja, saya cashbacknya aja. Lumayan. Kalau upaya saya untuk merajuk saya gagal, harapan saya tinggal beberapa item yang ada di program Tap Tap Mantap. Untuk progam ini, kamu enggak usah ikutan. Biar saya saja, ada handphone dan laptop yang sedang saya incar.

Lelaki yang menulis ketika anak dan istrinya sudah tidur | Pembaca buku yang lambat | Pemimpi yang arogan | Karyawan swasta yang ingin pensiun | Mau liburan tapi gak punya cuti | Percaya bumi itu, bulat atau datar? | Terimakasih telah berkunjung, semoga menyenangkan. Jika berkenan, silakan baca tulisan kami yang lainnya. Untuk bisnis dan kerja sama silakan hubungi saya melalui halaman kontak

write your comment / request below

Yang lainnya dari Review

Ke Arah Bandara

Lebih dari separuh perjalanan dinas luar kota –atau malah luar pulau yang
Go to Top