Ramadhan dan Belanja

oleh

Hanya tinggal beberapa hari lagi menuju bulan Ramadhan. Bulan yang oleh umat muslim di seluruh dunia begitu ditunggu sebagai bulan yang penuh kemuliaan. Tapi bukan kapasitas saya membahas detail tentang agama dan kemuliaannya. Jadi saya bahas dari sudut pandang lain. Secara umum bulan Ramadhan juga memberikan antusiasme yang besar untuk seluruh lapisan masyarakat, khususnya di Indonesia sini. Apa? Libur panjang saat perayaan kemenangan di akhir Ramadhan membuat manusia Indonesia mengeluarkan sifat impulsive-buying-nya di bulan Ramadhan. Belum cukup? Demi memenuhi kebutuhan pamer di hari kemenangan, tak sedikit juga yang brand-brand besar yang memberikan potongan harga ekstra di bulan Ramadhan. Jadi, mari berbelanja.

Fenomena berbelanja gila memang amat lazim kita temukan di bulan Ramadhan, terlebih ketika mendekati babak akhir. Malas saya membayangkan panjangnya antrian di pusat perbelanjaan baik ketika memilih atau pun membayar barang yang kita beli. Ketika puasa, dalam kondisi tersebut, saya sering memikirkan untuk batal saja. Haus, pemirsa. Oleh karena itu, ketika teknologi berkembang sedemikian cepat, saya menghaturkan banyak sekali terima kasih kepada Tuhan atas diciptakannya toko berbasis on-line. Paling tidak saya hanya perlu mengeluarkan pulsa data untuk memilih barang yang saya butuhkan untuk pamer di hari raya. Ah, iya. Dan tentu saja sejumlah uang untuk saya membayar barang tersebut.

Dari sekian banyak penyedia layanan belanja online, hanya beberapa saja yang pernah saya gunakan untuk berbelanja. Bahkan di perangkat genggam saya hanya satu aplikasi belanja online yang saya install. Tokopedia. Maka dari itu, untuk membagikan pengalaman saya berbelanja saya hanya bisa merekomendasikan satu nama belaka. Paling tidak yang bisa saya lakukan memberikan rekomendasi bagaimana berbelanja di Tokopedia. Berita baiknya, di Ramadhan nanti, Tokopedia juga salah satu penyedia yang berbaik hati memberikan ekstra kemudahan dalam berbelanja.

Di sana banyak sekali penjual yang menawarkan produk yang sama dengan kualitas yang sama baiknya. Sebelum berbelanja, biasanya saya membandingkan harga di beberapa toko sekaligus. Mengingat anggaran untuk pamer belanja tidak terlalu banyak, hal ini begitu penting untuk dilakukan pertama kali. Setidaknya, dengan sedikit membuang waktu untuk membandingkan harga dari banyak toko yang berbeda, kita bisa mendapatkan barang dengan harga yang tepat tanpa perlu sedikit pun khawatir akan perbedaan kualitas.

Berbicara tentang kualitas tidak melulu mesti menggunakan barang-barang dari pemilik brand ternama dengan harga yang menggila. Sekarang kita juga bisa memiliki produk berkualitas dari kreator lokal. Saya memiliki gengsi yang buruk dalam memilih merek. Saya menghindari outfit yang palsu. Tapi satu-dua tahun terakhir saya tidak terlalu mampu untuk membeli merek yang asli. Maka selama itu juga saya mencoba mengganti outfit yang saya gunakan ke produk hasil kreator lokal. Kualitas? Tidak buruk. Saya bisa memiliki outfit dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang jauh lebih miring.

Berbelanja di toko online berarti kita juga harus memikirkan biaya ongkos kirim yang dibebankan kepada pembeli. Untuk mengantisipasi melonjaknya biaya ongkos kirim kita tentu harus mencari toko online terdekat, selain itu juga bagaimana kita memilih metode pengiriman paling efisien pun tidak boleh kita abaikan. Maksudnya, ketika kita bisa mendapatkan toko yang dekat dengan tempat tinggal kita, pastikan pengirimannya efisisen. Kalau tidak terlalu mendesak, bisa memilih jasa ekspedisi konvensional dengan waktu tunggu 1-2 hari. Namun, jika hasrat pamer begitu mendesak dan barang tersebut harus cepat sampai. Bisa menggunakan jasa pengiriman transportasi online. Di Tokopedia disediakan banyak alternatif pengiriman yang bisa kita pilih.

Di segala bentuk jual beli, barang bisa dimiliki pembeli jika proses pembayaran telah dilakukan. Dalam transaksi jual beli online kadang ini menjadi kendala di mana proses verifikasi pembayaran sedikit terlambat. Untuk barang yang memiliki stok berlimpah mungkin tidak masalah. Tapi jika barang yang ingin kita beli hanya memiliki stok yang sedikit, waktu proses verifikasi sampai dengan diketahui oleh si penjual bisa amat menentukan. Oleh karena itu kita pun harus bisa memilih cara pembayaran yang tepat. Tokopedia memang memiliki beberapa alternatif pembayaran dari mulai transfer bank, uang digital, internet banking sampai dengan pembayaran melalui minimarket. Ketika melakukan pembayaran, pastikan kita memilih yang proses verifikasinya paling cepat. Saya pribadi selalu menghindari transfer bank atau pembayaran melalui minimarket. Dua pembayaran itu, meskipun singkat, memiliki jeda waktu dari sejak membayar sampai proses verifikasi. Yang tidak kalah penting, sebelum membayar, manfaatkan promo atau diskon yang sering muncul. Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Di bulan Ramadhan nanti, seperti yang dijelaskan di awal. Tokopedia juga akan memberikan rangkaian promo sepanjang bulan. Lumayan.

Kamu pernah dengar tentang “Black Friday?” hari di mana banyak sekali toko yang memberikan diskon gila-gilaan. Apa yang terjadi jika kegilaan diskon bulan ramadhan disatukan dengan diskon gila-gilaan di ‘black Friday’. Saya sih tidak sabar, ya. Menunggu kejutan yang akan muncul di hari jumat tanggal 25 Mei nanti. Ramadhan Ekstra akan menjadi lebih ekstra.

Lelaki yang menulis ketika anak dan istrinya sudah tidur | Pembaca buku yang lambat | Pemimpi yang arogan | Karyawan swasta yang ingin pensiun | Mau liburan tapi gak punya cuti | Percaya bumi itu, bulat atau datar? | Terimakasih telah berkunjung, semoga menyenangkan. Jika berkenan, silakan baca tulisan kami yang lainnya. Untuk bisnis dan kerja sama silakan hubungi saya melalui halaman kontak

write your comment / request below

Yang lainnya dari Pariwara

Telur & Makanan Palsu

Saya tersenyum kecut ketika melihat pemberitaan di media, baik cetak maupun digital,

Liburan Akhir Tahun

Beberapa waktu yang lalu, sebelum saya pergi meninggalkan kota asal untuk bekerja

Sepatu

Salah seorang pesohor di media sosial membuat sebuah kliping, potongan gambar berita
Go to Top