Mencintai (Produk) Olahraga

oleh

Seperti si kutubuku dengan koleksi bukunya, atau si musisi dengan peralatan musiknya. Sebagai penikmat olahraga, tentunya memiliki satu-dua peralatan penunjang olahraga adalah sebuah keharusan. Kuras pas rasanya jika hanya menghabiskan waktu untuk mencari dan membuat tetesan keringat atau berkumpul berkelompok melakukan kegiatan olahraga favorit saja. Katakanlah untuk para pecinta sepakbola ataupun pecinta basket, dengan memiliki jersey dari klub favorit akan menjadi kebanggaan dan kepuasaan tersendiri. Terlebih dewasa ini para pelaku bisnis di dunia olahraga sudah memperhatikan betul kebutuhan dan keinginan pasar. Dari model yang beraneka ragam, warna yang bervariasi sampai sentuhan teknologi yang membuat atribut-atribut dari dunia olahraga tidak terlalu buruk untuk digunakan sebagai pendamping fashion sehari-hari.

Pola hidup konsumtif yang memang sudah menjadi kelaziman di kehidupan modern seperti sekarang ini membuat banyak sekali orang yang rela menghabiskan banyak lembaran rupiah demi sebuah kepuasan, dalam bentuk apapun. Maka selain digunakan sebagai teman berolahraga, tidak sedikit orang yang menjadikannya sebagai barang koleksi. Anda bisa membuka peramban di perangkat genggam Anda, ketik sesuatu yang berkaitan dengan salah satu olahraga favorit Anda. Jangan heran jika Anda menemukan banyak sekali komunitas yang mengkhususkan diri untuk mengkoleksi produk-produk yang sebelumnya identik digunakan untuk berolahraga saja. Katakanlah komunitas pengkoleksi jersey, komunitas pecinta sepatu olahraga dan banyak lagi lainnya.

Salah?? Tidak, selama memiliki batasan diri dan tidak membuat rencana kehidupan jangka panjang berantakan, selama tidak menyusahkan orang, rasa-rasanya tidak ada salahnya. Toh, kepuasan memang seringkali lebih bernilai ketimbang uang.

Sebagai pecinta sepakbola, dan juga memutuskan untuk mencintai lebih banyak kepada salah satu klub sepakbola di eropa sana. Saya pun tidak mau ketinggalan untuk mengoleksi hal-hal yang berhubungan dengan klub tersebut. Jersey, scarf, bola, topi, tas dan beberapa merchandise kecil lainnya menjadi salah satu barang yang saya koleksi. Selain sepatu sepakbola dan futsal tentu saja. Seperti lazimnya barang koleksi, tentu dalam proses pengumpulannya membutuhkan biaya yang lumayan besar, tapi seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Bukankah kepuasan memang seringkali lebih bernilai ketimbang uang. Maka, yang bisa kita lakukan berikutnya adalah mencari waktu dan tempat yang tepat untuk mendapatkan produk yang kita inginkan dengan harga yang murah.

Saya memiliki beberapa tips untuk bagaimana mengoleksi barang-barang olahraga (khususnya untuk jersey sepakbola) dengan harga yang relatif lebih murah.

  1. Cari barang lelang.

Sekarang ini sudah banyak barang dijual dengan sistem lelang. Memang tidak semua barang yang kita inginkan ada di pasar lelang. Tapi, setidaknya jika Anda sedang beruntung anda bisa menemukan barang bagus dengan harga yang jauh lebih murah. Cara ini sangat ampuh untuk menghemat biaya. Beberapa lelang malah dibuat sekaligus untuk amal, jadi Anda bisa saja mendapatkan barang murah sekaligus beramal. Hobby yang berpahala. Luar biasa bukan??

  1. Membeli barang second.

Jangan berburuk sangka, dalam dunia koleksi barang second tidak melulu berarti barang jelek. Sederhanaya, sebagai seorang kolektor tentu saja akan menjaga barangnya dengan sangat baik. Beberapa dari mereka menjualnya karena mungkin, sedang ada kebutuhan yang lain, sudah memiliki penggantinya, ukurannya sudah tidak terlalu kecil/terlalu besar atau semacam itulah. Untuk kualitas?? Dalam banyak kasus, membeli barang second dari kolektor sama saja dengan memberi barang baru dari toko tapi tag yang sudah dilepas. Sama saja bukan??

  1. Tunggu diskon.

Untuk beberapa apparel pembuat produk olahraga biasanya suka memberi diskon di akhir tahun. Besarannya variatif sekali. Sekali waktu Anda hanya mendapatkan diskon sebesar 20% saja, tapi di waktu lain jangan kaget kalau tiba-tiba Anda bisa mendapatkan barang dengan diskon hampir 80%. Saya pernah beruntung sekali mendapatkan jersey dengan harga IDR 150.000 saja. Padahal harga normalnya bisa menyentuh harga IDR 1.000.000. Atau jika mau bersabar lebih lama, tunggu pergantian musim, jika di akhir tahun besaran diskon masih  di akhir musim bisa dipastikan harga-harga akan didiskon setidaknya 50%.

  1. Cari promo di toko online.

Meskipun hal ini tidak muncul di setiap waktu, setidanya ada beberapa waktu tertentu dimana toko-toko online menyelenggarakan promo untuk semua barang. Jika Anda beruntung, mungkin Anda bisa menemukan barang incaran Anda di masa promo tersebut. Atau, jika mau berusaha lebih banyak ada juga jasa startup lain yang menyediakan kupon-kupon promo di setiap waktunya. Coba saja sesekali berlama-lama di peramban Anda untuk melakukan tips nomor 4 ini.

Bagaimana?? Tertarik untuk memulai mengoleksi produk-produk pendamping olahraga favorit Anda?? Atau malah, Anda sudah memiliki koleksi yang banyak?? Apa saja?? Apakah Anda memiliki tips-tips lain selain yang saya sebutkan di atas?? Bolehlah, kiranya berbagi cerita dan pengalaman tentang produk olahraga pada kolom komentar di bawah.

saleduck

Lelaki yang menulis ketika anak dan istrinya sudah tidur | Pembaca buku yang lambat | Pemimpi yang arogan | Karyawan swasta yang ingin pensiun | Mau liburan tapi gak punya cuti | Percaya bumi itu, bulat atau datar? | Terimakasih telah berkunjung, semoga menyenangkan. Jika berkenan, silakan baca tulisan kami yang lainnya. Untuk bisnis dan kerja sama silakan hubungi saya melalui halaman kontak

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Yang lainnya dari Pariwara

Go to Top