Dunia 140 Karakter

oleh

Meski tidak terlalu banyak fitur seperti yang dimiliki media sosial lainnya. Saya selalu percaya bahwa twitter adalah media sosial terbaik. Alasannya sederhana saja, dengan sedikitnya fitur yang disediakan oleh twitter justru membuat kita bisa lebih mudah fokus untuk menyampaikan ide, gagasan, wacana atau apapunlah itu bentuknya. Dan lagi dengan keterbatasan karakter yang menjadi ciri khasnya, twitter membuat kita harus pandai mengolah kata untuk menghadirkan kesegaran di linimasa. Dan yang luar biasa dari twitter adalah, ketika ia bisa dengan cepat membuat sesuatu yang menarik atau berita yang penting atau kejadian luar biasa lainnya menjadi viral. Dewasa ini, di twitter-lah informasi cepat sekali terupdate.

Dengan kelebihannya itu, twitter menjadi media yang sangat tepat untuk kita berpromosi atau membuat personal branding di dunia digital. Cukup memaksimalkan kreativitas yang ada di kepala kita untuk membuat sebuah konten yang segar dan menarik, maka tinggal masalah waktu tweet dan akun anda akan bermain di banyak linimasa. Buktinya bisa anda lihat banyak sekali orang biasa yang menjadi luar biasa setelah mendapat gelar selebtweet karena konten-kontennya yang menarik. Saya ingin menuju kearah situ. Tujuannya untuk membuat blog ini lebih banyak dibaca. Dan untuk itu saya harus rajin-rajin promosi, agar promosi saya dilihat banyak orang saya harus memiliki jumlah pengikut yang banyak, agar jumlah pengikut saya banyak saya harus… Ah, banyak sekali tahapannya, kali ini rasanya saya perlu meminta bantuan mesin pencari.

Saya melakukan banyak sekali pencarian menggunakan kata kunci yang spesifik. Bagaimana membuat konten twitter yang menarik, bagaimana berpromosi melalui twitter, bagaimana agar blog lebih banyak pengunjung, dan lain-lain. Dari cukup banyak referensi blog yang saya baca, ada satu blog yang menarik perhatian saya. Adalah Jeffbullas.com sebuah blog yang membahas banyak tentang Social Media Marketing. Fokus utamanya adalah membantu kita (para blogger) untuk bisa mengembangkan konten pada dunia digital agar bisa lebih sukses. Melalui twitter adalah salah satunya. Setelah melihat pencapaian yang dia peroleh selama ini pada laman kontak miliknya saya percaya dia bukan blogger sembarangan. Lebih lagi tampilan blognya yang sederhana membuat saya cukup nyaman menjelajahi setiap detilnya.

http://www.jeffbullas.com/
www.jeffbullas.com

Dan dari blog inilah saya mendapatkan artikel yang saya cari

Cukup banyak artikel dari Jeff (dan atau kontributornya) yang membahas tentang pentingnya twitter pada era digital ini. Dari mulai aplikasi yang digunakan untuk ngetweet, fakta dan data seputar twitter sampai dengan cara bagaimana membuat konten menarik sehingga bisa melipatgandakan followers twitter. Contohnya pada artikel yang berjudul How to Gain 100k Monthly Twitter ImpressionsDisana ia membahas bagaimana interaksi yang aktif twitter menjadi sangat penting karena bisa menambah jangkauan jaringan baik itu pertemanan, kolega bisnis dan atau konsumen jika anda memang berniat memasarkan sesuatu disana. Lalu dibahas pula bagaimana strategi mendapatkan “perhatian” yang banyak dari para pengguna twitter pada setiap interaksi atau konten yang akan atau sudah anda buat.

Saya akan coba menjabarkannya kembali pada anda. Karena artikel aslinya ditulis dalam bahasa inggris, dan saya memiliki kompetensi yang buruk disana. Anggaplah bahasan dibawah ini adalah sebuah informasi yang saya adopsi kemudian ditulis dengan gaya bahasa sendiri.

Pelajari gaya bahasa

Gaya bahasa adalah sesuatu yang sangat penting dalam sebuah konten yang dibuat pada twitter. Gaya bahasa monoton dan kaku akan membuat anda kehilangan minat dari pengguna. Melihat contoh kasus selebtweet yang sudah lebih dulu dikenal, kesemuanya memiliki kesamaan. Yaitu gaya bahasa yang menarik.

Kenali pasar anda

Anda tidak bisa serta merta membahas banyak sekali tentang politik jika mayoritas pengikut anda di twitter adalah pecinta musik. Saya merasakan betul ketika saya masih aktif di suatu komunitas fans klub sepakbola dan konten saya diisi seputar klub tersebut. Tweet-tweet yang saya buat terasa lebih mudah “laku” di lingkaran saya dan banyak sekali interaksi yang timbul di dalamnya, alhasil cukup banyak penambahan pengikut kala itu. Kondisinya berbeda terbalik ketika sekarang ini saya lebih banyak menuliskan tentang blog atau hal-hal lain.

Yang bisa kita lakukan berikutnya adalah pelajari konten yang disukai oleh “pasar” di lingkaran yang anda punya. Cara yang paling mudah adalah, coba anda buat beberapa konten acak untuk membahas materi yang berbeda dalam interval waktu tertentu, lalu gunakan fitur twitter statistic untuk mengetahui konten seperti apa yang menimbulkan lebih banyak interaksi dari pengikut anda.

Jeff, dalam artikelnya menyebut salah satu aplikasi pihak ketiga yang bisa anda gunakan untuk mensurvei ketertarikan pasar, namanya followerwonk.  Mungkin bisa anda jadikan bahan pertimbangan untuk nantinya bisa memanjakan pasar anda.

Fokus pada tujuan

Apa tujuan anda ?? Jika tujuan anda untuk menjual produk, maka buatlah konten produk anda. Jika ingin membuat pengikut twitter anda mengunjungi blog yang anda miliki. Maka fokuslah kesitu. Buat beberapa konten yang bisa menggiring pengikut twitter anda untuk tertarik mengunjungi blog atau lapak produk yang anda miliki.

Utamakan kualitas ketimbang kuantitas, dalam artian tak perlu menganggu linimasa pengikut anda dengan postingan sampah yang hanya berisi judul dan link postingan blog anda atau dalam kasus lain terus-terusan menjejali linimasa dengan katalog produk. Buat interaksi aktif yang menyenangkan lalu sesekali sematkan link postingan blog/lapak produk yang anda miliki ketika menemukan interaksi yang kebetulan berhubungan.

Satu gambar menjelaskan banyak kata

Satu gambar yang mewakili maksud dari konten yang anda buat akan lebih mudah diingat ketimbang menulis sepuluh tweet. Interaksi dengan gambar merupakan salah satu cara berinteraksi yang baik yang bisa memanjakan pengguna twitter lainnya.

Jika anda bisa membuat pesan dan konten dari gambar, lakukanlah. Atau jika kebetulan gambar pendukung yang anda butuhkan untuk menjelaskan isi dari konten anda sudah banyak beredar di mesin pencari, gunakan saja. Asalkan anda tidak lupa mencantumkan sumber dari mana anda mendapatkannya. Ini penting, jika anda ingin dihargai di era kehidupan digital, mulailah dengan cara menghargai si pemilik asli yang lebih dulu berkreasi.

Tapi tentu saja akan jauh lebih baik jika anda bisa mengkombinasikan keduanya. Menawarkan linimasa anda sesuatu yang menarik dengan gambar dan kata secara bergantian.

Twitter-impressions-on-smart-phone
Jeffbullas.com

***

Untuk catatan, materi artikel di atas saya terjemahkan secara harfiah dari materi asli yang ditulis oleh  Jeff (dan atau kontributornya) yang berjudul How to Gain 100k Monthly Twitter Impressions. Sengaja saya buat lebih ringkas dari materi aslinya karena saya pikir ada beberapa repetisi dan isi yang kurang sesuai dengan sub-judul yang diberikan.

Tetapi bagaimanapun jika ingin mengetahui lebih banyak tentang social media marketing jangan ragu untuk mengunjugi blog Jeffbullas.com.

Lelaki yang menulis ketika anak dan istrinya sudah tidur | Pembaca buku yang lambat | Pemimpi yang arogan | Karyawan swasta yang ingin pensiun | Mau liburan tapi gak punya cuti | Percaya bumi itu, bulat atau datar? | Terimakasih telah berkunjung, semoga menyenangkan. Jika berkenan, silakan baca tulisan kami yang lainnya. Untuk bisnis dan kerja sama silakan hubungi saya melalui halaman kontak

11 Comments

  1. persentase follower twitter saya 60:40 = laki-laki : perempuan.

    what??

    lha malah bingung saya. trus minatnya juga persentase terbanyak olah raga.

    tambah bingung saya.

    emang sih tweet saya isinya spam doang. promosi url blog. ah, membosankan.

    biar viral, apa mention om jeff aja ya? haha…

  2. Sempet saya mention ditwitter juga, beberapa hari pake plugin dgn fungsi autotweet, malah bikin profil twitter saya jadi kaya sampah, saya yg punyanya aja ngeri, gimana yg liat. Skrg sih udah berkurang frekuensinya hehe

  3. Ngomongin soal twitter, skrg udah jamak sekali tatkala twitter dijadikan adu kata dalam perang twit (twit-war) apalagi jika membahas soal politik dan aliran politik dijamin bakalan ramai. Dan juga banyak digunakan secara viral untuk kampanye, oleh sebab itu muncullah buzzer-buzzer yang mencari uang darinya X)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Yang lainnya dari Review

Di Bawah Normal

Saya akan dengan tegas menjawab: Indomie adalah salah satu hal terbaik yang

13 Reasons Why

Kecuali Anda tinggal di dalam gua, atau terlalu khidmat dengan pilkada dan
Go to Top