Berwisata Di Kota Industri

oleh

Respon saya ketika diminta untuk menulis tentang agenda pariwisata kota sebagai tema pekan menulis kali ini adalah : bengong. Saya membaca berulang-ulang untuk memastikan siapa tahu saya yang salah membaca tema yang diberikan, lalu kemudian saya menggaruk-garuk kepala yang tidak gatal, astaga apa yang harus saya tulis ??

Mengutip dari artikel yang ditulis oleh salah satu situs informasi tentang informasi sejarah kota, Cikarang, tempat saya beraktivitas sekarang ini, memang sengaja dibuat tumbuh sebagai kota industri terpadu. Oleh karena itu sepanjang yang saya perhatikan perkembangan di kota ini memang lebih menitikberatkan kepada aspek dunia bisnis dan industri ditambah dengan pengembangan hunian untuk para pelaku bisnis tersebut. Untuk pariwisata ?? Nanti dululah, karena sejatinya Cikarang ada untuk manusia mencari uang bukan malah menghabiskannya.

Tetapi saya pun bukan tanpa usaha, saya beberapa kali coba menanyakan tentang kepariwisataan Kabupaten Bekasi, khususnya Cikarang melalui laman kontak pada website resmi pemerintahan Kabupaten Bekasi. Sampai tulisan ini dibuat belum ada jawaban dari pertanyaan saya tadi. Setali tiga uang dengan upaya melayangkan pertanyaan yang sama kepada akun-akun komunitas dan informasi kota pada sosial media. Sempat berpikir untuk mendatangi langsung Dinas Pariwisata dan Budaya kabupaten bekasi, tetapi aktivitas kerja yang dimulai selepas dua rakaat pertama dan baru selesai di waktu empat rakaat terakhir membuat saya cukup kesulitan untuk mengatur waktu.

Dan ketika dewasa ini mesin pencari seperti google dianggap bisa menjawab semua pertanyaan, untuk urusan kali ini ia sama saja bodohnya dengan saya. Jika tidak percaya silakan lakukan pencarian pada laman google dengan kata kunci berikut : agenda pariwisata cikarang, calendar of events cikarang, kegiatan pariwisata cikarang hasilnya nihil. Oleh karena itu jika sampai google pun tidak bisa menjawab pertanyaan itu maka yang harus saya lakukan adalah membuat sebuah usulan agenda pariwisata untuk cikarang.

Boleh jadi yang akan dibahas berikutnya akan sangat bermanfaat untuk anda para perantau yang sedang mencari uang di kota ini. Akan saya pilih agenda yang cocok yang semoga bisa sedikit menghilangkan rasa jenuh anda ketika beraktivitas banyak sedari senin sampai jumat setiap minggunya, tenang saja saya menggunakan penanggalan dari salah satu situs penyedia jasa perjalanan liburan sehingga mungkin tidak bertabrakan dengan waktu anda pulang ke kota kelahiran anda.

FEBRUARI
Minggu pertama bulan yang katanya penuh cinta ini kita sudah dihadapkan pada akhir pekan yang panjang. Dimulai dari tanggal lima jumat petang silakan anda pulang dulu ke kota kelahiran anda, atau melakukan sebuah perjalanan alam sesuai selera anda tentu kondisi keuangan anda sedang bagus-bagusnya.

Selepas berakhir pekan panjang dan sebagian isi dompet sudah berpindah tangan, minggu-minggu berikutnya sebaiknya anda habiskan waktu di rumah atau di kost saja baru kemudian ketika rekening di bank sudah bertambah di penghujung bulan sisihkan sedikit biaya untuk anda berkunjung ke taman penangkaran buaya terbesar di asia yang letaknya berada lebih kurang 10 kilometer dari gerbang tol cikarang barat.

Alternatif penghilang penat yang sangat baik, anda bisa melihat lima ratus ekor buaya yang dikembangbiakkan. Dengan jumlah buaya sebanyak itu dengan aktivitas masing-masing buaya yang beragam, boleh jadi ada sedikit yang bisa anda pelajari untuk menjadi buaya darat yang berbakat. Terlebih, di akhir pekan ada sebuah atraksi perkelahian antara buaya melawan manusia. Tak perlu takut, itu hanya sebuah rekayasa, masih jauh lebih baik ketimbang tayangan bertemakan binatang di televisi setiap malam.

Credit Photo : Liputan 6
Credit Photo : Liputan 6

MARET – APRIL – MEI

Sengaja saya gabungkan waktu tiga bulan ini karena saya tidak menemukan tanggal yang cocok sebagai rekomendasi menghabiskan akhir pekan anda di salah satu kota industri terbesar se-Asia tenggara ini. Ketika awal minggu di bulan maret beririsan dengan akhir bulan februari tadi. Jika kita tidak bisa berharap terlalu banyak pada kondisi keuangan di pertengahan bulan, maka anda hanya bisa berharap pada notifkasi sms-banking di penghujung bulan maret dan di bulan ini sayangnya ada tiga hari libur berurutan pada akhir pekan penghujung bulan. Gunakan saja waktu panjang ini untuk berlibur ke tempat yang lebih jauh, atau sekedar mengunjungi keluarga di rumah.

Oleh karena akhir pekan yang panjang di penutup maret maka kondisi bulan april kurang lebih akan sama saja dengan maret. Hanya bisa mengandalkan akhir bulan, tapi akhir bulan april sampai awal bulan mei di kota ini bukanlah waktu yang tepat untuk bersenang-senang. Tentu tahulah satu mei menjadi alasannya. Dan setelah satu mei masih ada empat libur panjang berurutan (sembilan jika anda mau mengambil cuti) dengan waktu sebanyak ini sebaiknya cari tempat berlibur yang jauh lebih menyenangkan, seberangi negara ini jika perlu. Untuk bermain di kota ini, anda boleh menundanya sampai dengan awal juni nanti.

JUNI-JULI

Anda harus memastikan di tanggal empat dan lima juni anda gunakan sebaik mungkin di kota industri ini. Ini waktu yang tepat untuk ‘balas dendan’ setelah tiga bulan bersenang-senang di tempat lain ditambah lagi beberapa hari setelahnya (bila anda muslim) anda akan menghadapi bulan suci ramadhan.

Bulan juni, biasanya adalah bulan peralihan diantara musim hujan dengan musim kemarau, meski kondisi cuaca sekarang ini tidak menentu bermain ke pantai di bulan juni bisa menjadi opsi yang baik untuk refresh pikiran dari tuntutan kerja yang luar biasa membosankan. Cobalah sempatkan waktu ke Pantai Muara Gembong. Bisa ditempuh ke arah utara cikarang dengan lebih kurang dua setengah jam perjalanan dan disana anda akan mendapatkan sajian hutan mangrove dan panorama laut jawa yang menenangkan. Anda penikmat kuliner hasil laut ?? Disinilah surganya, bandeng gembong dan kepiting dengan sajian khas menjadi daya tarik tersendiri. Sedikit tips tambahan, jangan lupa bawa alat pancing.

Credit photo : Urbancikarang.com
Credit photo : Urbancikarang.com

 AGUSTUS-SEPTEMBER

Saya mencoba mencari beberapa referensi usulan untuk melakukan wisata di kota industri. Tidak terlalu banyak pilihan. Jadi nampaknya untuk menggenapi tahun dua ribu enam belas ini mau tak mau siklus “libur sementara” setelah melakukan wisata di Cikarang perlu dilanjutkan. Apalagi di bulan agustus, yang tahun ini menjadi bulan rehabilitasi keuangan pasca libur panjang idul fitri di bulan sebelumnya.

OKTOBER

Selepas menerima gaji, ayo segera bergegas mengajak ke salah satu tempat wisata paling dikenal di cikarang : Waterboom Lippo Cikarang. Seingat saya, Waterboom Lippo Cikarang adalah salah satu pelopor wisata air di negeri ini menawarkan nuansa khas bali yang eksotik. Tak ada salahnya mengajak keluarga bermain ke sana. Anak masih terlalu kecil ?? Tak usah khawatir, ada cukup banyak alternatif pilihan kolam dan permainan yang aman untuk anak anda. Dan jika sudah bosan bermain air, anda bisa melanjutkannya dengan bermain flying fox dan ditutup dengan pijatan-pijatan ikan sebelum anda kembali pulang. Untuk informasi lebih jelas mengenai tempat wisata yang satu ini anda bisa melihatnya langsung melalu laman resminya di www.waterboomlippocikarang.com.

Credit photo : pegipegi.com
Credit photo : pegipegi.com

NOVEMBER

Gunakan sabtu pertama di bulan november untuk mengunjungi salah satu tempat terbaik yang ada di Cikarang : Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar sebuah etalase hidup yang indah yang menyediakan koleksi tanaman obat di lahan seluas lebih kurang sepuluh hektaare. Bukan, meskipun berfokus pada tanaman obat tapi cara penyajiak koleksi tanaman tersebut tidaklah seperti hutan sebaliknya koleksi ditaman dengan bentuk menyerupai kepulauan ditambah lagi danau alami dengan luas sekitar seribu meter persegi yang dihuni oleh berbagai ikan seperti mujair, nila, bawal, dll yang bisa memanjakan mata dan pikiran anda, juga ada rakit bambu di kolam tersebut yang dapat digunakan untuk bermain dan bermancing.

Tempat wisata ini dikelola oleh Martha Tilaar Group salah satu perusahaan kosmetik terbaik nusantara, oleh karena itu tak heran jika disini pengunjung dapat melihat langsung bagaimana proses bahan tanaman harus ditangani setelah dipanen dari kebun untuk kemudian diolah menjadi tanaman obat yang dibagi menjadi sesuai peruntukannya yaitu untuk perawatan rambut (hair care), perawatan kulit (skin care), dan perawatan tubuh (body care). Rumah bambu dan pendopo tradisional yang disediakan di kampoeng djamoe melengkapi keindahannya.

Sekali lagi catat, sebaiknya gunakan sabtu pertama bulan november setelah gajihan. Karena untuk berkunjung di hari minggu ada kuota dan janji khusus yang harus dibuat dengan pihak pengelola.

Credit photo : kampoengdjamoemarthatilaar.com
Credit photo : kampoengdjamoemarthatilaar.com

DESEMBER

Desember ?? Astaga terlalu banyak libur panjang di akhir pekan bulan desember. Bahkan, jika anda tidak mengambil cuti sepanjang tahun dua ribu enam belas di bulan desember ini anda bisa libur sampai lebih dari dua puluh hari.

Silakan atur sendiri liburan anda bulan desember. Dan titip doa, semoga di tahun dua ribu tujuh belas kota cikarang memiliki agenda pariwisata yang lebih tegas dan jelas.

***

Isi tulisan ini sangat cocok dibaca untuk anda yang baru memulai atau baru berencana untuk memulai sebuah perjalanan di kota industri ini. Sungguh tetapi meskipun isi tulisan ini hanya sebuah usulan agenda pariwisata untuk cikarang berdasarkan opini dan pendapat pribadi, beberapa pilihan yang saya tawarkan di atas patut anda pertimbangkan untuk anda lakukan agar kelak anda tidak bosan-bosan amat beraktivitas disini.

Jika kebetulan ada orang pribumi cikarang asli atau malah ada wakil pemerintahan kabupaten bekasi khususnya wilayah cikarang sempat membaca tulisan ini, tolong dikoreksi atau jika perlu ditambahkan informasinya pada kolom komentar dibawah untuk menambah daya tarik kota cikarang. Karena bagaimanapun kota ini memiliki potensi yang luar biasa besar.

Sebagai penutup, berikut adalah usulan agenda pariwisata cikarang 2016 dalam bentuk infografis.

Cikarang Pariwisata

Lelaki yang menulis ketika anak dan istrinya sudah tidur | Pembaca buku yang lambat | Pemimpi yang arogan | Karyawan swasta yang ingin pensiun | Mau liburan tapi gak punya cuti | Percaya bumi itu, bulat atau datar? | Terimakasih telah berkunjung, semoga menyenangkan. Jika berkenan, silakan baca tulisan kami yang lainnya. Untuk bisnis dan kerja sama silakan hubungi saya melalui halaman kontak

17 Comments

  1. Setidaknya sudah menulis itu sudah dapat nilai plus dalam rangka promosi parisiwata daerah

    tetep semangat mas bro, mempromosikan pariwisata dan budaya daerah setempat

    @adibriza

  2. Bagus om..
    Yang bukan warga Cikarang mungkin tetap akan “terdoktrin” bahwa image yang terbentuk dari Cikarang adalah Kota Indusrti. Dan untuk berwisata, pada umumnya masyarakat di Cikarang pun biasanya keluar dari daerah tersebut. Mungkin menurut saya, hampir sama seperti Karawang yang juga identik dengan kota indusrinya. #cmiiw

    Mudah2an tulisan ini bisa menjadi masukkan bagi Dinas Pariwisata terkait..
    🙂

  3. Menarik Simple Tournya.., seharian benar-benar bikin refresh… Sepertinya yang acara buaya itu menarik. Kalau waterboom, tidak bisa berenang-nya.
    @ge1212y

  4. Jadi kepikiran, jika nantinya industri dikemas dalam sebuah lokasi wisata, keren tuh. jadinya wisata industri. Orang-orang bisa tahu, kaya gini lho sistem industri. 🙂

    @f_nugroho

  5. Kalau untuk wisata industri, emang udah jadi agenda rutin untuk beberapa instansi.

    seperti misalnya saat itu sekolah saya (smk analis kimia) setiap tahunnya melakukan wisata industri dengan pabrik rekanan.

    tapi biasanya itu jadi agenda sekolah / kampus sih. bukan buat umum

  6. wuihhh nulis sambil mempromosikan tempat wisataaa kerenn banget lahhh ,, apalagi bisa banyak dikunjungi dari tulisan tulisan mas hhe, jadi pengunjung bisa menjadi lebih tau walaupun belum mengunjungi daerah tersebut.. hehe

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Yang lainnya dari Blog

Mobil, Tiang & Benjol

Sudah satu minggu semenjak nusantara dihebohkan oleh berita kecelakaan lalu lintas yang

Kurang Piknik

Frasa ‘kurang piknik’ kerap digunakan untuk menandai orang-orang yang dianggap memiliki sensitivitas

Sepatu

Salah seorang pesohor di media sosial membuat sebuah kliping, potongan gambar berita

Penulis Murah(an)

Beberapa waktu yang lalu, di twitter, saya mengunggah tangkapan layar dari sebuah
Go to Top