Mencetak Kreasi Untuk Gaya Sehari-hari

oleh

Ketika saat itu saya memutuskan untuk membuat sebuah clothing line yang pertama kali saya lakukan adalah membuat banyak sekali design tshirt, alasannya sederhana saja : saya tidak terlalu suka menggunakan model pakaian yang populer yang sama dengan orang kebanyakan dan karena tshirt adalah pendamping gaya hidup paling murah dan paling banyak diminati dibandingkan product fashion lainnya. Tetapi ternyata sebagaimanapun saya menjadi hipster diranah para pengguna tshirt saya akan tetap mengajak 23 orang lainnya untuk menggunakan model yang sama. Karena demi efisiensi modal dan bahan baku untuk setiap design setidaknya saya harus membuat 2 lusin tshirt. Menjadi kesulitan ketika saya mendapatkan order custom tshirt sesuai kehendak masing-masing customer yang ingin menjadi super eksklusif dengan hanya membuat 1 tshirt. Dan saya angkat tangan.

Dilema antara nombok modal luar biasa besar atau kehilangan customer membuat print tshirt eklusif 1 cetak menjadi momok tersendiri bagi para perintis bidang konveksi. Sialnya, untuk para kreatif ketakutan kami itu menjadi celah bisnis yang luar biasa besar dan hadir dalam bentuk kaos custom.

uteesme blogger homepage

Adalah Utees.me yang menjadi pelopor online tshirt creator dan mendobrak pola pikir tradisional industri konveksi dalam negeri. Alih-alih menawarkan design mainstream dengan harga murah, ia lebih memilih menjual konsep  eksklusivitas. Utees.me mengajak kita berevolusi ketingkat yang lebih jauh melalui ide-ide segar yang diaplikasikan kedalam print kaos oleh para kreator yang boleh jadi sekaligus merangkap sebagai customer. Dan demi sebuah kemajuan pola pikir juga sebuah eksklusivitas para kreator/customer itu pastilah akan terlebih dahulu mengedepankan kepuasan ketimbang urusan nominal yang harus dikeluarkan.

Berbekal rasa penasaran, saya menyempatkan diri untuk mengunjungi laman situs milik Utees.me charlie yang berarti ini adalah versi ketiga dari konsep atau tampilan dagang milik mereka. Pertama kali memanjakan mata disana saya disuguhi slide images menarik : ternyata para public figure pun telah lebih dulu aktif menjadi kreator design kaos di Utees.me. Siapa saja mereka ?? Saya menunggu beberapa detik untuk melihat keseluruhan public figure yang menghiasi halaman depan situs Utees.me diantaranya kita bisa melihat gallery design Ridho si gitaris slank, atau bagaimana kita melihat kemampuan si Papa yang tak pernah pulang Ariyo Wahab dengan koleksinya, beberapa pilihan quote design milik Rini Wulandari, dan yang paling menyita perhatian saya tentu saja bagaimana si cantik nan menggemaskan Tatjana Saphira ternyata ikut berbagi ide dan kreasi di sini.

Saya merasa tertantang dan tidak mau kalah untuk segera mengunggah design ke situs Utees.me kebetulan ada beberapa stock design yang belum saya pakai. Sesuai tujuannya Utees.me berkeingingan untuk mengakomodasi para kreator untuk menjadi beda dalam berpenampilan hal itu bisa dilihat pada cara menampilkan kategori. Dari sekian banyak pilihan, kategori “Design your own” dibuat paling menonjol dengan warna latar belakang merah jingga sehingga tak sulit untuk mencari tempat dimana saya bisa mengunggah design. Ternyata prosesnya pun sangat mudah, tidak lebih susah ketimbang harus mengunggah foto alay di facebook, cukup memilih model tshirt yang akan digunakan, memilih warna dan klik icon gallery jangan lupa juga lakukan sedikit penyesuaian tata letak, beri identitas dan atribusi secukupnya dan selesai. Anda tidak terlalu mahir dalam mendesign ?? Tenang saja, ada banyak sekali variasi clipArt yang bisa digunakan dan digabungkan dengan teks yang bisa anda modifikasi sesuai keinginan dan selera masing-masing. Ketika inspirasi tak kunjung datang dan anda benar-benar kesulitan untuk membuat dan mengembangkan design, tak perlulah khawatir, sudah ada berbagai macam template design tshirt online yang (lagi-lagi) terserah mau anda buat menjadi seperti apa. Ini adalah cikal bakal tshirt anda, mau menjadi seperti apapun design dan bentuknya itu mutlak menjadi hak anda. Silakanlah keluarkan ide-ide gila yang ada di kepala anda.

Astaga, maaf. Apakah narasi di paragraf barusan terlalu membingungkan ?? Baiklah, sebagai permohonan maaf silakan dilihat prosesnya melalu tautan video dibawah ini :

Ketika berbicara tentang ide, kreasi, design dan apapunlah itu semacamnya tentu kita akan dihadapkan pada bahasan yang tak pernah usai : hak cipta. Nampaknya Utees.me memikirkan betul hal ini, para kreator ketika menggungah designnya mereka akan ditanyai tentang hak penggunaan design tersebut, apakah ingin dibuat ekslusif hanya untuk si kreator ?? atau mengizinkan kreator lain untuk menggunakan design anda ?? Terserah, tapi jikapun anda memilih pilihan kedua Utees.me akan memberikan benefit $1,11 untuk setiap kaos yang dicetak menggunakan design anda. Cukup adil bukan ??

Saya telah siap untuk mencetak kaos hasil kreasi pribadi. Kapan giliran anda ?? Mari bersama-sama menjadi keren dan beda dengan enam langkah menarik berikut.

Infografis uteesme

What you wear can change your world. Design your own t shirt. Create an inspiration and you will be the wind of change for your world.

uteesme blogger

Lelaki yang menulis ketika anak dan istrinya sudah tidur | Pembaca buku yang lambat | Pemimpi yang arogan | Karyawan swasta yang ingin pensiun | Mau liburan tapi gak punya cuti | Percaya bumi itu, bulat atau datar? | Terimakasih telah berkunjung, semoga menyenangkan. Jika berkenan, silakan baca tulisan kami yang lainnya. Untuk bisnis dan kerja sama silakan hubungi saya melalui halaman kontak

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Yang lainnya dari Lomba

Cerita Tentang Ponsel

Setelah menunggu hampir dua minggu lamanya, lelaki itu telah mendapatkan jawaban. Telepon

Belanja Akhir Tahun

Kita sudah memasuki penghujung tahun 2015. Tentu banyak sekali hal-hal menarik yang
Placeholder

Mojok Award Di Mojok.co

Belakangan ini, aktivitas yang menyita waktu senggang saya adalah menyelesaikan level demi
Go to Top