Ada Apa Dengan Bukabuku.com ??

oleh

Saya memiliki tingkat agresivitas yang cukup tinggi dalam membaca, berbanding terbalik dengan agresivitas saya untuk pergi ke toko buku. Maka terpujilah pencetus ide jual beli online , dalam hal ini mereka yang menjadi pelopor dalam jual beli buku (baru) jarak jauh. Bagi para pembaca pemalas (atau sibuk, entahlah) Jual beli buku online adalah “perpustakaan berbayar” terbaik.

Kebiasaan ini dimulai di tahun 2011 , saat itu saya sedang merantau di ujung barat sebelah utara pulau Jawa, dan kebetulan disana tidak tersedia fasilitas toko buku yang lengkap. Maka dengan cukup terpaksa saya mencari beberapa referensi pembelian buku secara online. Berdasarkan hasil di mesin pencarian google dengan keyword “toko buku online” saat itu saya muncul beberapa pilihan situs pembelian buku online, entah kenapa saat itu saya memilih bukabuku.com untuk saya membuat akun dan kemudian berbelanja disana jika ingin.

Tidak semua buku yang saya simpan di lemari saya terima dari bapak bapak kurir. Bagaimanapun juga membawa fisik untuk datang langsung ke toko buku jauh lebih menyenangkan, selain bisa membawa langsung buku yang kita inginkan, di toko buku kita juga bisa melakukan gladi resik dalam membaca. Beli atau engganya urusan belakangan. Dan yang paling menarik dari datang langsung ke toko buku adalah saat kita mendapatkan kenikmatan luar biasa ketika berkeliling pelan di tumpukan rak yang isinya buku dan banyak. Saya tak mau kehilangan kenikmatan itu hanya karena ada jasa jual beli buku jarak jauh. Maka saya akan tetap ke toko buku jika ingin, atau saya akan login ke bukabuku.com jika malas atau membeli banyak dari segi kuantitas.

Oleh karena itu sejak pertama kali registrasi di bukabuku,com sampai sekarang baru bebera kali saya membeli buku secara online -masih bisa dihitung dengan jumlah jari di kedua tangan- seperti saya ceritakan tadi, jika sedang malas atau membeli banyak secara kuantitas. dan dari beberapa kali order itu saya cukup puas dengan sistem dan pelayanan di bukabuku.com.

Dan beberapa waktu lalu, stock bacaan saya sudah habis dan saya malas. Maka saya memutuskan untuk cari buku di bukabuku.com terlebih Gelombang-nya Dee akan segera rilis. Semakin cocok ketika bukabuku.com membuka Pre-Order buku Gelombang-nya Dee yang sudah ditanda-tangani langsung oleh sang penulis. Besar harapan menjadi salah satu dari sekian banyak orang yang menjadi “pembaca pertama” 

Rasa kecewa datang karena kita memulai dengan harapan yang tinggi, dan akhirnya?? sampai sekarang buku itu -dan juga buku buku lainnya- belum saya terima. Karena nila setitik rusak susu sebelangga. Karena satu dan lain hal saya tidak akan mau lagi order di bukabuku.com.

Berikut alasannya

10 Oktober 2014

Saya login di bukabuku.com untuk memesan buku Gelombang-nya Dee. Bonus tanda tangan dan potongan harga adalah bentuk promosi yang menarik untuk buku Pre-Order. Mempertimbangkan ongkos kirim, saya pikir sayang jika hanya memesan satu buku, karena itu saya mengajak rekan di kantor yang kebetulan suka membaca untuk ikut memesan, setelah memilih total 6 order (jumlah 8 buku) dengan no order #246172, saya langsung mentransfer sejumlah dana ke rekening bukabuku.com . Tak sampai satu jam setelah saya konfirmasi pembayaran status order saya berubah menjadi CONFIRMED yang berarti dana yang sudah saya kirimkan telah diterima oleh pihak bukabuku.com.

Keesokan harinya saya cek status order lagi, dan order saya sudah berubah lagi PROCESSED , seingat saya beberapa sudah packing. Tapi karena Gelombang-nya Dee baru launching tanggal 17 Oktober saya pikir pengiriman akan dilakukan setelah atau pada tanggal tersebut. dan benar saja tanggal 15 Oktober saya (dan para pemesan lain) mendapat email dari bukabuku.com bahwa buku Gelombang-nya Dee akan dikirim serentak tanggal 17 Oktober 2014.

Untitled

16 Oktober 2014

Saya mendapat kabar baik Tim bukabuku.com mengirimi saya email konfirmasi bahwa order saya telah siap dikirimkan. Ada notifikasi bahwa pengiriman dilakukan (pada umumnya) 24 jam setelah order siap dikirim.

 capture1

Dan tanggal 17 Oktober Saya cek status order saya berubah menjadi COMPLETED

20 Oktober 2014

Saya kedatangan tamu, dari tim ekspedisi, seperti biasa beliau membawakan saya paket kali ini isinya buku. Kemudian saya buka ternyata isinya hanya 3 dari total 8 buku yang saya order. Tapi tertulis di nota pembelian bahwa buku lain SUDAH DIKIRIM.

unnamed (2)

Dan saya lihat di status order saya di situs bukabuku.com memang dipacking dalam 2 paket pengiriman. Tapi Airway Bill yang tertera di situs bukabuku.com hanya satu paket pengiriman. Kemudian saya mengirimkan email konfirmasi ke pihak bukubuku.com untuk menanyakan Airway Bill karena aneh menurut saya jika ada 2 paket dari pengirim yang sama ke alamat pengiriman yang sama dikirim pada tanggal yang sama tetapi datangnya tidak di waktu yang sama.

capture2capture3

Biasanya respon dari CS bukabuku.com relatif cepat, tapi kali ini tidak. Maka sore saya coba telfon tapi tidak diangkat . Saat itu waktu menunjukan pukul 17.30 WIB mungkin mereka sudah pulang.

22 Oktober 2014

Siang hari di hari rabu 22 oktober 2014 saya menelfon CS bukabuku.com, untuk menanyakan Airway Bill pengiriman paket yang satu lagi yang masih belum sampai. Ini kali ketiga saya menelfon, setelah yang pertama tidak diangkat karena terlalu sore dan yang kedua dijawab “Baik pak, status order bapak akan kami konfirmasikan ke bagian pengiriman , nanti kami kabari via telephone” . Dan di telfon yang ketiga saya menanyakan hal yang sama dengan telfon kedua dan dijawab oleh suara mbak-mbak sama persis dengan jawaban di telfon kedua.

Tapi beberapa jam setelah itu saya mendapat email konfirmasi, yang lumayan nyesek.

capture4Ternyata status sudah PACKING dan SHIPPED yang tertulis di status order di situs bukabuku.com adalah status palsu. Saya di PHP kemudian saya balas emailnya.

capture5

dan tidak dibalas.

24 Oktober 2014

Setelah libur meminta kejelasan dan konfirmasi order pada kamis 23 Oktober . Saya lanjutkan aktivitas rutin menagih “hak” saya ke pihak bukabuku.com pada Jumat 24  Oktober 2014 selepas shalat jumat. Saya telfon CS bukabuku.com berulang ulang, kemudian saya lihat di call logs handphone saya dalam interval waktu 2 jam saya total menelfon 9 kali dan tidak sekalipun diangkat.

Kemudian saya mention akun twitter @bukabuku seperti berikut. dan menelfon mereka sekali lagi setelah mention tersebut.

update

Setelah itu saya kirim email ini juga sebagai pelengkap.

capture8

Tanpa diduga “Serangan” via twitter dan email dalam waktu yang bersamaan direspon cepat, tidak seperti hari hari sebelumnya, akun twitter @bukabukucs membalas mention saya.

untitle

Ya, Saya diminta untuk menelfon kontak CS yang tidak tertulis di website bukabuku.com. Kemudian kami berinteraksi via phone di nomor yang disebutkan diatas. Sedikit lebih lama kali ini. Dijelaskan oleh seorang mas-mas bahwa sebetulnya paket saya sudah dikirimkan , tapi ada kesalahan dalam pengiriman sehingga paket saya dikirim ke pemesan yang lain.

Jika ada yang sudah pernah memesan di bukabuku.com pasti tahu standard packing mereka seperti apa, saya pikir tidak logis jika sampai ada kesalahan pengiriman, toh paket yang satunya -yang menurut website dipacking di waktu yang sama- sudah saya terima. Kecuali jika alamat dalam packing memang bukan alamat saya.

Dan dijelaskan juga ketersediaan stock list order saya, diinformasikan bahwa buku di list order saya masih ada dalam stock, yang akan dipastikan adalah judul buku yang dalam order kuantitinya lebih dari 1. Dan dipastikan setidaknya buku buku tersebut ada 1 pcs dalam stock dan siap dikirimkan besok, Sabtu 25 Oktober. dan menyusul untuk order buku yang kuantitinya lebih dari 1. Kemudian saya cari aman setidaknya tolong dikirimkan Gelombang-nya Dee terlebih dahulu.

“Baik mas, PASTI besok saya kirim, sebagai permintaan maaf akan saya kirim menggunkan YES JNE” kalimat terakhir dari si mas-mas CS di percakapan kami di jumat sore itu.

27 Oktober 2014

Sabtu, minggu adalah hari libur dirumah, di tempat lain juga seharusnya. Maka saya tidak mau membuka email demi kekhusyukan berlibur. Senin pagi 27 Oktober 2014 selagi sarapan, saya membuka email dan iya di hari sabtu 25 Oktober ada email dari bukabuku.com lagi yang isinya.

capture7

Sedikit siang saya menelfon lagi nomor  CS yang tertulis di website, tidak diangkat, kemudian saya ganti nomor tujuan ke nomor yang diberikan via mention twitter, tidak diangkat, kemudian saya telfon lagi nomor terakhir, kali ini saya yang ganti nomor menggunakan nomor kantor, diangkat.

Seperti sebelumnya, saya mengikuti prosedur kerja pelaporan via telfon, CS akan meminta nomor order pelanggan untuk melacak ordernya. Setelah saya sebutkan nomor order saya, di seberang telfon sana langsung menjawab “Oh Pak Andhika yang kemarin” . Kemudian dia menjelaskan bahwa Gelombang-nya Dee telah dikirimkan menggunakan YES JNE di hari sabtu kemarin, tetapi untuk order lainnya masih kosong dan harus menunggu update stock. Lalu saya meminta airway bill pengiriman paket tersebut, katanya belum ada dari pihak JNE nya. Padahal biasanya bukubuku.com langsung mengupdate airway bill di status order pelanggan di hari yang sama dengan hari pengiriman.

Saya mengeluhkan kondisi tersebut padahal sudah disepakati di percakapan sebelumnya di hari jumat. Kemudian dijawab bahwa bukabuku sedang stock opname dan ternyata barang kosong secara fisik. “Tapi akan ada stock baru di siang ini mas, sehabis makan siang udah bisa ketahuan stocknya” kata si mas-mas CS menambahkan.

Faktor butuh, dan udah terlanjur ngeluh kali ini saya lagi lagi melunak. Saya mengiyakan, dan saya minta kepastian , saya menyampaikan kepada pihak bukabuku.com bahwa saya akan menelfon ulang sekitar jam 3 sore. Jika jam 3 sore ini barang saya sudah restock saya minta segera dikirimkan. Tetapi jika stock belum ada, saya minta sisa order saya di refund karena sudah terlalu lama, mengingat sebagian dari order tersebut adalah order titipan teman.

Karena satu dan lain hal saya baru bisa menelfon sekitar jam 3.30 sore. Saya telfon langsung ke nomor yang diberikan via twitter, tidak diangkat, saya telfon nomor yang tertulis di website juga tidak diangkat, saya lakukan berulang, cukup banyak. Tapi tetap tidak ada jawaban. dan saya berasumsi bahwa nomor handphone dan nomor kantor saya sudah diketahui, sehingga telfon saya tidak diangkat, entahlah. Tapi dari situ saya berkesimpulan bahwa order saya tidak ada. Terlebih bapak bapak JNE sudah datang ke kantor tapi tidak membawa paket yang dijanjikan bukabuku.com yang -katanya- dikirim menggunakan YES JNE di hari sabtu.

[sent email]

capture9

Kemudian sore di hari senin kemarin saya memutuskan untuk membuat sebuah tulisan curhat mengenai terjun bebas nya pelayanan dan respon dari bukabuku.com

Dan sampai tulisan ini selesai dibuat, Bapak bapak JNE sudah datang ke kantor tanpa absen tentunya dan (masih) tanpa membawa paket yang dijanjikan. kemudian saya cek beberapa mention yang masuk ke akun twitter @bukabuku ternyata tidak sedikit yang bernasib seperti saya, dan resmi saya termasuk salah satu pelanggan yang kecewa terhadap pelayanan dan respon dari bukabuku.com

Si mas-mas CS menyampaikan bahwa hal tersebut dikarenakan perpindahan sistem dan manajemen baru di bukabuku.com .

Jadi ingat percakapan saya dengan salah seorang assesor dari Badan Standarisasi Nasional mengenai sistem manajemen , bahwa pokok dari sistem manajemen adalah kepuasan pelanggan. Sebagus dan semodern apapun sistem yang dijalankan oleh suatu organisasi jika mengabaikan faktor kepuasan pelanggan, maka mereka belum siap berkompetisi di bidang bisnis yang mereka geluti.

Dan bukubuku.com ?? Mungkin mereka sedang lelah.

#Update 1 :

28 Oktober 2014 datang bapak bapak JNE lain mengirimkan paket buku isinya Gelombang-nya Dee dan Sabtu bersama Bapak karya Adhitya Mulya.

Catatan : Menurut kesepakatan hari Jumat 24 Okt dan konfirmasi hari senin pagi 27 Okt , paket dikirimkan menggunakan JNE YES di hari Sabtu 25 Okt 2014. Ternyata paket baru dikirimkan 27 Oktober 21.55 WIB

20141028_163156

#Update 2 :

Per tanggal 31 Oktober 2014 saya konfirmasi lagi mengenai sisa order yang belum juga sampai, saya kirim email ke CS bukabuku.com.

Untitled2

Kemudian saya telfon CS bukabuku.com untuk konfirmasi lisan dan untuk follow up email saya, dari telefon dan dari jawaban email mereka sudah disepakati bahwa sisa order yang lama banget itu akan di refund.

Untitled

setelah mendapat konfirmasi tersebut , saya putuskan untuk membeli sisa order saya di penyedia jasa jual buku online yang lain, hari ini order, lusa sudah sampai. cepat, ga berbelit belit.

Pertanggal 5 November 2014 , 6 hari setelah saya konfirmasi untuk refund saya mendapat email lagi dari bukabuku.com seperti berikut.

Untitled2

tertulis diatas jadwal refund 1 minggu semenjak data diterima, nah data refund saya diterima tanggal 31 oktober, tapi ada email lagi seperti ini , tapi ya sudahlah males urusan berbelit-belit lagi sama pihak bukabuku.com, nunggu 1 minggu (lagi) juga ga masalah.

Tapi Jumat 7 November 2014 tiba tiba datang bapak bapak ekspedisi bawa paket dari …

bukabuku.com

yang isinya , sisa order yang disepakati untuk di refund dan sudah saya beli di tempat lain.

kemudian saya kirim email dan mention twitter yang isinya sama, meminta kejelasan.

Untitled2

Ah sudah lah, untuk yang sempat baca tulisan ini, silakan dipertimbangkan untuk membeli di bukabuku.com , dari percakapan di telephone dengan CS bukabuku.com mereka kerap beralasan yang menyebabkan kali ini sering lalai dikarenakan ada perubahan sistem dan manajemen. Untuk iseng iseng silahkan ketik “bukabuku” di kolom search twitter, ada beberapa pelanggan dalam periode sebulan terakhir mengalami keluhan yang hampir sama.

Mereka ngaku kalo mereka sekarang sering lalai, dan dengan perubahan sistem dan manajemen pun berarti mungkin saja kasus kaya gini bukan saya doank yang ngalamin atau bisa saja saya ngalamin kasus yang sama jika saya masih order di sana.

Saran saya cari penyedia jasa jual beli buku online yang lain, atau datang langsung ke toko buku.

Lelaki yang menulis ketika anak dan istrinya sudah tidur | Pembaca buku yang lambat | Pemimpi yang arogan | Karyawan swasta yang ingin pensiun | Mau liburan tapi gak punya cuti | Percaya bumi itu, bulat atau datar? | Terimakasih telah berkunjung, semoga menyenangkan. Jika berkenan, silakan baca tulisan kami yang lainnya. Untuk bisnis dan kerja sama silakan hubungi saya melalui halaman kontak

31 Comments

  1. Hallo Dika, setelah baca tulisanmu kayanya kita mengalami nasib hampir sama tapi lebih parah parah dan parraahh kamu… hehehe…. aku pesen buku di bukabuku dari 6 November kemarin sampai sekarang tidak ada kejelasannya kapan buku itu mau dikirim. salah satu buku yang aku pesan ternyata statusnya kosong. dan ga ada konfirmasi sampai berhari-hari. setelah aku konfirmasi penggantian buku lewat email. kayanya ga ditanggapi. setelah aku telepon ternyata emailnya belum dibuka (terlihat dari cara ngmg mbak2 csnya yang nanyain kapan aku kirim email dan apa judul bukunya) alasannya emailpun butuh antri untuk menerima balasan. antrinya sampe harian mungkin mingguan kali ya. untung email ga punya kaki. capek juga antrinya :3

    sampai sekarang nih, aku belum mendapatkan buku yang aku pesan. so, apa yang harus aku lakukan??

    • Terimakasih mbak, sudah mau menyempatkan baca postingan ini 🙂

      Saran dari saya sih, kalo misalnya mbak perlu banget bukunya, silahkan terus di press, coba telfon nomor yang saya tulis di atas (yang ga dimasukan ke website mereka).

      Tapi kalo udah ngerasa capek dan bisa ikhlas, mending biarin mbak, daripada kesel hati.

      Tapi kalo capeknya ga ikhlas, bikin aja postingan keluhan kaya saya gini, ga dibaca sama bukabuku, setidaknya ada orang lain yang baca. bikin postingan di social media juga jangan lupa 🙂

      • Aduhhh.nasibnya mirip.sy sengaja mencari testimoni pembeli dibuku kita krn sy belanja di shop lain lbh cpt respon dan termasuk refund yg dterima tdk lebih dari 24 jam.makanya sy penasaran knp lama proses pengiriman dari buku kita.akhirnya sy mencari tahu testimoni ini.sampe saya menemukan banyak keluhan pelangan.seharusnya pihak bukukita ini bangga krn diawal pelangam tertarik dan berminat membeli produknya.dan hrs menjaga nama baiknya agar pelangan tdk kabur.sy juga setelah sudah kadung order.selanjutnya tdk tertarik beli lagi dibuku kita krn pelayanan dna sistem konfirmasi smagat lambat.malah dikalahkan dgn usaha kelas kecil perongan yg lebih praktis dan respon cepat.plus pengiriman yg pasti cepat.akhirnya sy beli di buka lapak.cpt respon.tp ingat tetap review dan hati2 memilih shopnya.

    • Sebenernya yg “ga aman” itu dengan sistem new.bukabuku.com sih mbak …

      sewaktu yang lama, ga pernah kaya gini, selalu cepat responnya.

      terimakasih juga sudah berkenan membaca

  2. Aduh, saya juga kena. Di website tersebut tertera stoknya tersedia. Saya udah kegirangan nih, buku yang saya cari-cari akhirnya saya bisa dapetin disini. Saya transfer uang kan, eh 2 hari kemudian dapet email yang bilang bahwa stoknya kosong. Akhirnya saya cancel lah 2 buku yang saya pesen itu, tapi yang dicancel cuma 1 🙁
    Dan sampe sekarang bukunya belom sampe 🙁

  3. Saya setuju bahwa dengan perubahan sistem ini Bukabuku sangat berantakan. Kyknya sebagai pelanggan kita dianggap tidak ada kalau kita tidak rajin nyenggol admin Bukabuku. Dulu buku kosong pasti diberi kabar dan kita ditanya apakah buku yg sudah ada mau dikirim dulu, tapi sekarang kalau kita nggak rajin nanya pakai email atau twitter, pelanggan tidak diberi kabar apapun… Saya sudah twit ke @Bukabuku bahwa pelayanan adalah hal yang utama, hati2 dgn pelanggan jangan sampai dikecewakan..
    Bukabuku sudah merasa besar jadi melupakan pelanggan yang menjadi penopang bisnisnya, sangat mengecewakan..

  4. Tulisan yg menarik.. Yap, kejadian saya disini pre-order koala kumal raditya dika. Setau saya yg namanya PRE-ORDER itu, nanti pengirimannya akan serempak.
    Tapi, ini?? ada yg udah dapet duluan, kan aneh?? Bukabuku beralasan karena memang stok kausnya datang sedikit2/tidak langsung banyak, jadi pengiriman dilakukan bertahap. Ya, kalau begitu kejadiannya seharusnya tunggu dulu kausnya datang semua, ya kan?? ada yg lebih aneh lagi, kenapa yg transfer belakangan dan posisi alamatnya di luar kota, tapi mereka udah duluan dapet. Gak ngerti sama sistemnya. 🙁
    Setuju sama kalimat yg lu tulis diatas, “akhirnya melunak karena memang butuh”.
    Gue udah lelah puluhan kali mention, tapi, diabaikan..
    Maaf, bos curhat..

    • Selepas kasus di atas, saya sudah tiga kali transaksi di bukukita , dua di antaranya pesen pagi ini besok siang udah sampai. Kalau yang satu proses sampai seminggu. Itu karena stock nya emang kosong.

      Tapi untuk respon cepet kok, soalnya kita disediain kolom komentar di nomor transaksi kita, satu dua jam kita komentar udah dapet balesan.

  5. sabar ya mas andhika 🙂 . sejauh ini saya juga selalu order di bukabuku.com masih aman2 aja,tapi setelah baca ini jadi niat buat pindah kelain hati wkwkw.. thanks ya sharing nya 😀

  6. Mas, kalau begitu, toko buku online yang Mas rekomendasikan apa ya? Mungkin tidak semurah bukabuku.com yang penting aman dan terpercya. Terima kasih.

    • Saya tidak berani untuk merekomendasikan, karena setiap orang atau bahkan setiap order di tempat manapun pasti punya kekurangan dan kelebihan masing-masing.
      Tapi sekedar informasi, saat ini saya menggunakan jasa bukukita.com untuk belanja buku via online

  7. Wah pernah order buku yg statusnya ” Stock di Gudang Supplier” Gak mas ? Baru mau order di bukabuku pertama kali, Cuma Bukunya stoknya di gudang supplier. Takutanya orderannya ngambang ga jelas kayak orderan masnya wkwkw

  8. Naaaahhh,,, saya juga mau ngorder disana tapi baca postingan ini jadi ragu ini….. kemarin udah pernah sih ngorder di bukabuku.com dan alhamdulillah lancar, meski musti nunggu 2 minggu.
    Di list pembelian bukunya tersedia, pesan senin, sabtu baru dpt email kalau buku pesenan saya masih dicariin di gudang stocknya mizan. seminggu setelah konfirmasi klo saya mau nunggu ajah, bukunya baru terkirim. alhamdulillah lengkap semua pesenan…………
    Sekarang pengen pesen buku lagi disana, tapi oh tapi…… hahahahaha

  9. Saya yang termasuk kecewa dengan service bukabuku.com. Awalnya order 5 buku, 2 buku preorder & 3 buku diskon pesta buku fiksi. Seneng banget karena 3 buku diskon tadi udah lama saya cari, dan kebetulan harganya kurang dari 20rb. Di tgl 29 April 2016 saya sudah fix transfer dgn total 138.500 dan akan dikirim 9 Mei 2016. Tak apalah nunggu semingguan lebih, saya pikir karena 2 buku memang preorder. Tapi tanggal 2 Mei 2016 dapat email kalo 3 buku diskon tadi ternyata kosong, pihak bukabuku menawarkan penggantian atau refund untuk ketiga buku tsb. Saya memutuskan untuk melakukan penggantian. Esoknya saya mendapat email kalau pesanan saya akan dikirim tgl 16 Mei 2016. Sampe situ saya udah kesel karena nunggu makin lama. Makin kesel waktu buka website, dan menemukan ketiga buku pesanan saya ternyata masih tersedia (namun bkn dgn harga diskon lagi). Sampai situ saya udah pasrah aja. Awalnya excited nunggu buku preorder & buku yg susah nemunya, sekarang udah masa bodo mau dateng apa nggak.

  10. Mas Andhika saya mau tanya nih
    Saya pesan sebuah buku ke web tsb
    Buku baru release

    Nah setelah bbrp hari saya dapat email, katanya buku saya belum masuk dari supplier

    Jadi saya dikasih opsi
    Mau tetep nunggu/batal/ganti jenis buku

    Saya pilih batal
    Kemudian saya mengajukan permohonan refund tgl 20 Mei 2016

    Sampai sekarang (sudah 12 hari) saya gak dapat kabar apa2

    Email konfirmasi yg menerangkan permohonan refund saya sudah diproses pun gak ada

    Saya cek rekening pun sama sekali gak ada refund

    Barusan saya hub lewat whatsapp pun gak dibalas, di read aja kaga

    Akhirnya barusan saya email ke cs
    Tapi belum ada balasan sama sekali

    Yang mau saya tanya Mas, sebaiknya saya hubungi mereka lewat apa ya supaya direspon?

    Trims

    Nb: ini pertama kali saya beli buku online
    Dan saya kapok

    • Sudah coba telfon nomor yang saya cantumkan di tulisan mas ?? Waktu itu saya dapet fast response (setelah sekian lama diabaikan) ketika mention di twitter.

      Kemudian langsung saya telfon nomor yang mereka kasih via twitter. Bad ending sih ujungnya sesuai postingan.

      Kalau tempat tinggal dekat dengan toko buku, sebaiknya memang langsung ke toko buku mas. Cuma kalau jauh, yaa beli online jadi alternatif. Kedepannya mungkin perlu melakukan riset dulu mas sebelum memilih membeli buku di online 🙂

  11. Sebelum beli saya WA tanya stok, jawabnya langsung saja pesan via web nya.
    Saya beli 10 buku pesanan teman-teman, seminggu kemudian ada jawaban buku kosong dan silahkan pilih buku lain atau refund. Saya pilih refund. Dapat balasan lagi pengembalian 7-14 hari. Duit teman-teman saya balikin dulu.
    Tapi sudah lebih dari 14 hari belum transfer, saya beberapa kali chat dan email, jawabannya sudah di bagian terkait. Sampai sekarang sudah hari ke 26 belum di transfer juga.
    Saya penasaran, ternyata banyak yang kecewa terhadap pelayanannya, termasuk mas 🙂
    Mungkin sudah saatnya harus TUTUPBUKU.

    • Astaga, tulisan ini sudah hampir 2 tahun. Tapi masih banyak juga yaa case-case seperti ini. Sabar ya mas/mbak mungkin bisa dipertimbangkan untuk pindah ke tempat lain.

  12. Sama baru senasip. Gajelas datengnya dan salah info stok. Bete abis. Sayangnya baca artikel ini telat… toss aja lah udah jadi korban bukabuku.com . Sejauh ini order selalu di bukukita.com . Info selalu akurat. Lagi coba2 aja di bukabuku.com… dan pengen ngacak2 webnya

  13. Saya sering belanja di bukukita daripada bukabuku. Pernah coba2 belanja di bukabuku, status stocknya suka gajelas, awalnya ada tapi bisa tibatiba kosong. Pas pemesanan ke penerbit lamaaaaa & gaada kepastian, ujungnya stock kosong. Berasa ditarik ulur. Awal pelayananya fast respon, sedikit tersanjung sama pelayanannya yang fast respon dibanding bukukita yang agak slow respon. Tapi pas dapat keluhan, jadi suka ngilang gajelas. Cuman di read aja+slow respon banget, bikin kesel. Sejauh ini, jadi tetep sama bukukita aja.

  14. sejauh ini saya kayaknya oke oke aja hehe. saran saya, kalo beli di bukabuku, pilih payment methodnya yang COD aja, biar kalo pengirimannya diundur kita gaakan khawatir. Artikel nya berpengaruh juga ya, sampe pada gajadi order 🙂

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*