PEMBOHONG TERJUJUR

oleh

“seorang pembohong yang baik, harus memiliki ingatan yang baik”

Tengah Minggu ke 2 Maret 2014 …

Pemilu baru kelar, entah sampai mana perhitungannya, gue ga ngikutin. Bahkan proses nya pun gue ga ngikutin. Lagi, nama gue ga terdaftar sebagai pemilih,ga tahu kalo dirumah, yang pasti dikosan sih engga.

Yang tersisa dari pemilu kemarin, tinggal harap harap cemas, apa jadinya janji terbaik yang dikasih para mereka yang berharap dicoblos.  5 tahun kedepan, bukti dari janji hebat itu bakal ketauan, ditepatin , atau, bohong.

Akhir minggu ke 2 Maret 2014 …

Jadwal pulang ke bandung seperti biasa, tapi ga pulang, bukan ga mau, atau ga boleh tapi karena emang ga bisa. Kemudian Hujan turun besar, juga ramai dan banyak. Jadilah sebuah alasan, sms ke ibu di rumah, ga pulang, karena hujan besar. Takut banjir, ibu percaya. Seminggu kedepan ibu bakal tahu ga pulang bukan karena hujan, tapi serangga imut yang ngegigit dan ninggalin bekas, namanya keren, Tomcat. Gigitannya ga sekeren namanya, kena tomcat itu sakit, dan panas. biar ibu ga khawatir, gue ga bilang, gue bohong

Kita manusia, gue, dan elu juga kalo mau…

Sebenernya ga difitrahkan untuk berbohong, tapi kita selalu berencana untuk itu. Sedikit dari banyak manusia yang ga pernah bohong, bukan karena ga mau, mungkin belum sempet aja, atau waktunya lagi ga pas. Tapi nanti juga pasti bohong, karena kita manusia, dan hidup, dan hidup itu harus bohong …

Manusia itu makhluk paling sempurna, katanya. Ga ada satupun manusia bodoh di tanah bumi ini, semua manusia pintar, itu makanya manusia selalu punya akal untuk berbohong, percayalah untuk menjadi seorang pembohong itu tidak segampang yang dilihat, atau didengar. Butuh suatu pemikiran jenius agar kebohongan yang dibikin nampak nyata, tambah sedikit drama kalo perlu untuk bikin mahakarya bohong.

Untuk mereka yang ada di kasta hidup dibawah pintar, akan selalu gagal dalam berbohong, gampang ketauan.  Kemudian muncul pembelaan “Itu bukan karena dia bodoh, tapi karena dia orang jujur, ga biasa untuk bohong”. Seinget gue sih orang jujur itu ga pernah gagal dalam berbohong, karena emang ga pernah, bahkan untuk sekedar nyoba ngebohong. Kalo bohong, dan ketauan. Itu bodoh, bukan jujur.

Silakan tanya ke siapapun “Pernah ga mikir untuk nyoba bohong??” Kalo definisi jujur itu adalah ga pernah bohong sama sekali, jelas, ga ada orang jujur di dunia ini, karena pada dasarnya, setiap orang pasti pernah bohong, meskipun untuk sekedar nyoba.

Tapi meskipun berhasil bohong dengan pintar, tanpa ketahuan, bukan berarti kita jadi orang bener, karena pada dasarnya bohong itu dosa, apapun tujuannya, bahkan yang katanya bohong untuk kebaikan. contohnya berbohong ketika membela teman/keluarga/kerabat nya yang salah, secara manusiawi itu baik, membela orang yang kita sayang, tapi tetep ga bener, karena pasti ada pihak yang dirugikan ketika kita bohong.

Baik, belum tentu bener …

Bohong itu kaya main domino, saat kita ngeluarin ujung kartu yang sama untuk ngimbangin kartu yang keluar sebelumnya, sesekali bisa kita lewat, tapi saat kita udah ga bisa lagi ngeluarin kartu itu, permainan selesai dan kita kalah. Sama juga dengan bohong, kita akan diharuskan untuk membuat bohong baru untuk ngimbangin bohong sebelumnya, sesekali kita bisa lewat, bisa ngeles, tapi saat kita ga bisa lagi ngimbangin bohong yang sebelumnya, kebohongan itu selesai, semua bakal ketahuan. Selain otak dipake buat mikir kalimat baru untuk ngebohong, untuk mencegah ketauan, otak juga bakal dipake buat nginget semua kata yang pernah dipake buat bohong.

Christopher Eric Hitchens pernah bilang “A good liar must have a good memory” , seorang pembohong yang baik, harus memiliki ingatan yang baik.  Dan bener, sekali aja kita lupa sama cara dan kapan kita berbohong, bakal ketauan, dan kebohongan itu bakal jadi sia-sia. Jadi jangan pernah berencana untuk berbohong kalo memori otak lebih kecil dari download-an mp3 bajakan yang udah dikonvert. Bakal cepet ketahuan.

Untuk bisa jadi pembohong professional yang ga pernah ketahuan itu harus punya 2 syarat mutlak, Pintar untuk berkata-kata indah , kemudian membuat drama biar orang percaya, dan kapasitas otak multi-milyar byte untuk mengingat semua kata kata yang dibikin tadi.

Dengan tidak bodoh, dan tidak lupa, kita pasti ga akan pernah ketahuan ngebohong.

Tapi apa bisa ga ketahuan??

Karena dengan bodohnya, perintah Tuhan aja sering kita lupa.

Lelaki yang menulis ketika anak dan istrinya sudah tidur | Pembaca buku yang lambat | Pemimpi yang arogan | Karyawan swasta yang ingin pensiun | Mau liburan tapi gak punya cuti | Percaya bumi itu, bulat atau datar? | Terimakasih telah berkunjung, semoga menyenangkan. Jika berkenan, silakan baca tulisan kami yang lainnya. Untuk bisnis dan kerja sama silakan hubungi saya melalui halaman kontak

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Yang lainnya dari Blog

Mobil, Tiang & Benjol

Sudah satu minggu semenjak nusantara dihebohkan oleh berita kecelakaan lalu lintas yang

Kurang Piknik

Frasa ‘kurang piknik’ kerap digunakan untuk menandai orang-orang yang dianggap memiliki sensitivitas

Sepatu

Salah seorang pesohor di media sosial membuat sebuah kliping, potongan gambar berita

Penulis Murah(an)

Beberapa waktu yang lalu, di twitter, saya mengunggah tangkapan layar dari sebuah
Go to Top