Fantasy League Manager

oleh

Belakangan ini, jadi keranjingan maen Fantasy League …

Apa itu Fantasy League ?? Fantasy League adalah  game simulasi nyata dari suatu liga, dimana tim lu bikin isinya adalah pemain-pemain nyata di Liga tersebut. Kita dituntut jadi pelatih (pelatih bayangan kayanya) dengan menyusun sebuah tim dari sejumlah dana transfer (biasanya sih 100 juta).

Tiap minggu , nanti tim yang kita bikin bakal dapet poin, poin yang didapet tergantung dari penampilan si pemain yang kita pillih, semakin bagus permainan pemain tersebut, semakin besar poin yang didapet. Poin tersebut akan diakumulasikan di akhir musim untuk mendapatkan hadiah yang … emm lumayan.

Gue sendiri maen beberapa fantasy league … apa aja ?? ini dia

1. Fantasy Premier League 

Fantasy Premier League (FPL) adalah game fantasy league di situs resmi English Premier League, sepanjang yang gue tahu FPL ini fantasy league yang paling banyak peserta yang ikutan, disini poin yang dikumpulin sama tim kita bakal dimasukin ke beberapa kategori yaitu : Negara Asal,  Tim Favorit, Poin Per Pekan, dan terakhir akumulasi poin. Berikut gambaran singkat tentang FPL

1. 1 Tim terdiri dari 15 pemain, 2 kiper, 5 bek, 5 gelandang & 3 striker
2. Setiap pemain diberi nilai dan nilai total 15 pemain itu tidak boleh lebih dari modal yg diberi yaitu 100juta pounds
3. Tidak boleh memilih lebih dari 3 pemain dari 1 klub yg sama
4. Formasi yg boleh digunakan adalah 3-4-3, 3-5-2, 4-4-2, 4-5-1, 4-3-3, 5-4-1, dan 5-3-2
5. Peran kapten dapat poin dobel, kalo kaptennya gak main bisa digantikan pemain lain sesuai value atau form paling tinggi
6. Kalo ada 11 starter yg gak main digantikan pemain cadangan sesuai urutan tetapi tetap menyesuaikan formasi yg dibolehkan
7. Deadline untuk setiap gameweek adalah 2 jam sebelum kick off pertandingan pertama di gameweek itu.
8. Setiap gameweek dapat jatah 1 transfer pemain gratis, kalo melakukan 2 transfer kena penalti 4 poin, 3 transfer dikurangi 8 poin dan seterusnya
9. Setiap tim dapat jatah 2 wild card, yaitu fasilitas mengganti banyak pemain sekaligus tanpa mengurangi poin, wildcard pertama bebas digunakan kapan saja, wild card kedua hanya berlaku di bulan januari
FPL
Fantasy Premier League

10. Perhitungan poin musim Fantasy Premier League :

  • Bila dimainkan:  + 1 Poin
  • Bila dimainkan selama 60 menit : + 2 poin (termasuk poin di nomer 1)
  • Kiper / Defender mencetak goal : + 6 Poin
  • Midfielder mencetak goal : + 5 poin
  • Penyerang mencetak goal : + 4 poin
  • Memberikan assist : + 3 poin
  • Clean sheet untuk Kiper / Defender (minimal 60 menit) :  + 4 poin
  • Clean sheet untuk Midfielder (minimal 60 menit) :  + 1 poin
  • Kiper melakukan 3 penyelamatan : + 1 poin
  • Kiper menahan tendangan penalti : + 5 poin
  • Pemain gagal melakukan tendangan penalti : – 2 poin
  • Bonus untuk pemain terbaik : + 1 sampai 3 poin
  • Tiap kemasukan 2 goal untuk kiper/defender : – 1 poin
  • Kartu kuning : – 1 poin
  • Kartu merah (termasuk dengan kartu kuning yang diterima) : – 3 poin
  • Goal bunuh diri : – 2 poin
Registrasi untuk Fantasy Premier League langsung ke sini = > REGISTER FANTASY PREMIER LEAGUE

2. Champions League Fantasy

Nah kalo Champions League Fantasy (CLF) ini fantasy league resmi dari situs UEFA, disponsorin sama Sony Playstation (Jadi hadiahnya juga ga jauh jauh dari produk mereka). Secara sistem dan peraturan CLF memiliki konsep yang hampir sama dengan FPL, bahkan cara perhitunga poin nya juga sama, cuma ada beberapa tambahan / perbedaan di CLF , apa aja ?? Ini dia …

1. Maksimal pemain dari satu klub yang bisa digunakan , berbeda di tiap babak, untuk babak grup kita hanya bisa memilih 2 pemain dari 1 klub yang sama, 3 pemain di 16 besar, 4 pemain di perempat final, 6 pemain di semifinal dan terakhir 12 pemain dari klub sama di final.

2. Layaknya FPL, di CLF kita hanya bisa merombak semua pemain di dua kesempatan berbeda, untuk di CLF kesempatan merombak team  ada di pertama registrasi, dan kedua saat memasuki babak 16 besar, untuk di babak grup tiap matchday diberi kesempatan 1 transfer. di leg kedua babak 16 grup diberi 1 jatah transfer. Kemudian dari babak perempat final sampai semifinal diberi kesempatan transfer 6 untuk leg 1 dan 1 transfer untuk leg 2.

3. Ini yang menarik dari CL Fantasy, UEFA “menyisipkan” para ahli (simulasi tentu saja) sebagai tipster , fungsinya tentu saja untuk membantu atau menjadi assistan kita di CL Fantasy, ada 3 orang yang disediakan UEFA yaitu Andrew Haslam (UEFA.com news Editor & Champions League Stats guru) Paolo Menicucci (UEFA.com news editor & Fantasy Games Expert) dan yang terakhir adalah Vassililki Papantopoulou (UEFA.com Reporter) . Mereka akan membantu kita dalam penyusunan pemain, rekomendasi pemain, reminder bila ada pemain cedera/suspen dll.

CLF
Champions League Fantasy

Registrasi untuk Champions League Fantasy langsung ke sini = > REGISTER CHAMPIONS LEAGUE FANTASY (bisa menggunakan email/aku facebook)

3. SerieALive Fantacalcio 

Satu satunya fantasy league yang gue maenin, bukan berasal dari situs resmi Badan Liga yang bersangkutan, semula gue ikutan ini karena follow twitter @SerieALive dan sempet ngtweet tentang Fantasy League, dan nyoba nyoba, seru juga, Fantacalcio ini juga merupakan Fantasy League pertama yang gue ikutin di pertengahan musim kemarin.

Mengusung konsep yang cukup berbeda dengan dua fantasy league lainnya, SerieALive Fantacalcio secara tidak langsung menuntuk kita untuk lebih aktif dalam proses pemiliha pemain. Kenapa ?? Karena di Fantacalcio tiap minggu nya kita bisa merombak susunan pemain di dalam tim, tanpa ada batasan transfer, cara perhitungan poin nya pun cukup berbeda (Karena cukup ribet jelasin perhitungan poinnya, silahkan lihat KLIK DISINI untuk melihat index perhitungan poin) .

SA F
SerieALive Fantacalcio

Registrasi untuk SerieALive Fantacalcio langsung ke sini = > REGISTER SERIEALIVE FANTACALCIO

 
Tambahan : 
1. Di tiap tiap Fantasy League , ada fitur “League” yang bisa dibuat untuk berkompetisi sama temen temen. Sejauh ini baru FPL fantasy yang sempet kita bikin, untuk CL Fantasy karena belum nemu temen yang maen juga, jadi belum sempet dicoba, sedangkan untuk SerieALive Fantacalcio untuk membuat sebuah League, dikenakan biaya administrasi, besarnya berapa, gue kurang hapal, tapi SerieALive mensiasati hal itu dengan membuat sebuah League terbuka, bernama Twitter Cup.
2. Nilai kontrak/harga pemain sifatnya fluktuatif bisa berubah naik turun tergantung penampilan pemain, dan minat pasar dalam memasang si pemain tersebut.
3. Yang diulas cuma Fantasy League yang gue maenin sekarang, tahun kemarin sih sempet maen fantasy league yang kombinassin 3 liga sekaligus (SerieA, EPL, sama La Liga) dan gue keder dalam milih pemainnya.
4. Banyak pilihan lain vendor yang nyediaain fantasy league selain 3 diatas, silahkan di cari di mesin pencarian.

 

Seru sih menurut gue maen ginian, sekarang sekarang sih ga perlu buka PC untuk bisa maen ginian, mobile web juga udah kompatibel sih. Akan ada yang nyinyir “ngapain sih serius amat maen gituan” . Hehehe namanya “games” yaa, yang maen pasti bakal penasaran untuk tetep survive dan menang, apalagi saat kita punya “saingan” atau lawan untuk “dibandingkan”.

Coba aja deh, kalo udah ketagihan pasti tiap minggu pengen otak atik team , kalo diambil positifnya dalam dunia sepakbola sih maen kaya ginian bisa mancing kemampuan kita prediksi, kemampuan untuk menganalisa, di kasus lain ?? Kita juga bisa kok belajar untuk memilih mana yang kita butuhin, atau yang sekedar kita suka. dan kalo kita terus terusan jelek poinnya ?? Kita juga bisa belajar untuk sabar dan tawakal.

Selain itu, maen fantasy league ini, kita akan belajar  jadi penikmat sepakbola yang general, ga terkotak dalam fanatisme sesaat… Mungkin

NOTES : Kalo ada yang mau ikutan League di Fantasy Premier League, komen aja dibawah, kalo ada yang mau ngundang juga bolee 😀

Lelaki yang menulis ketika anak dan istrinya sudah tidur | Pembaca buku yang lambat | Pemimpi yang arogan | Karyawan swasta yang ingin pensiun | Mau liburan tapi gak punya cuti | Percaya bumi itu, bulat atau datar? | Terimakasih telah berkunjung, semoga menyenangkan. Jika berkenan, silakan baca tulisan kami yang lainnya. Untuk bisnis dan kerja sama silakan hubungi saya melalui halaman kontak

4 Comments

  1. Kalau fantasy league yang gabungkan 3 liga(BPL, Seri A, dan La Liga) seperti di sebutkan di artikel di atas namanya apa yah ??

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*

Yang lainnya dari Esai

Go to Top