SUMPAH (calon) PEMUDA

oleh

>

SOEMPAH PEMOEDA

Pertama :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA
Djakarta, 28 Oktober 1928
Selamat Hari Sumpah Pemuda…

Yaa, praktis tiap tanggal 28 Oktober , segenap rakyat Indonesia mulai menyuarakan sumpah nya, di jalan, di TV, di Koran dan dimana mana, SUMPAH PEMUDA jadi topik hangat hari ini??

Hasil Kongres Pemuda Indonesia pada 1928 antara lain adalah rumusan sikap positif para elite pemuda Indonesia yang amat strategis tentang keragaman budaya. Mereka datang mewakili berbagai organisasi kepemudaan, agama yang ada di Indonesia dan sebagainya. Rumusan itu terkenal dengan nama Sumpah Pemuda. Isinya mengumandangkan pengakuan adanya hanya satu tanah air bersama, yaitu Indonesia, satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia yang satu sebagai bahasa persatuan Indonesia.


Dari sudut pandang gue??

Apa itu kongres sumpah pemuda??

Apa itu sumpah pemuda??

Menurut gue mereka yang hadir disana adalah sekumpulan pemuda ALAY yang nulis nya masih kembang kempis gitu,,
Baca poin poin di atas deh ,, kurang alay gimana coba?? Tulisan di CAPS LOCK huruf “U” jadi “OE” , “Y” diganti “J” dan lainnya. Nyusahin yang baca kan??
Makanya mereka ga bikin point tambahan , KAMI BANGSA INDONESIA AKAN BERUSAHA UNTUK MENULIS SESUAI DENGAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN. Mereka ga mau kan ke-Alayan-mereka jadi konsumsi publik.

Tapi mereka pasti sedih, kalo mereka tahu point ke 3 yang mereka susun, tentang BAHASA INDONESIA sebagai bahasa persatuan, oleh pemuda masa kini telah diedit sedemikian rupa.
Lebih parah lagi,, para pemuda yang telah kehilangan hasrat pemuda nya dengan semena mena mengganti kosakata bahasa Indonesia dengan bahasa bahasa mereka, kaya gimana??

Contoh :
Aku = > Eike / Akika
Kamu = > yey
Begitu = > Begindang

*Gatahu lagi deh gue,, tar gue coba tanyain lagi yaa*

Kalo yang hadir di kongres itu tahu bagaimana BAHASA telah di upgrade oleh para penerusnya yang tiap tanggal 28 October teriak teriak di jalan tentang HAKIKAT sumpah pemuda.
Mereka pasti sedih, mereka nangis,

Oke, ga panjang lebar lagi..

Salute buat para “om om” yang dianggap muda yang saat itu datang ke Kongres dan berhasil menyatukan suara , sehingga lahir lah SUMPAH yang fenomenal itu, SUMPAH PEMUDA

Gue ga punya kapasitas dan kemampuan agung untuk SOK ikut-ikutan nasionalis , atau ikut  bla bla bla buat biar ngerasain euphoria ini,,
Tapi okelah,,
Sebagai PEMUDA yang udah mulai beranjak dewasa,, gue bakal berucap SUMPAH juga ,, yaa sekedar latah aja, tapi SUMPAH yang sesuai kapasitas gue sebagai pemuda imut nan rupawan.
Sumpah Pemuda :
  1. Agar pemuda dapat lebih menghargai dan menjunjung tinggi peran pemudi di dalam kehidupannya. 
  2. Agar pemuda tahu mana yang harus diperangi dan mana yang harus di sayangi.
  3. Agar pemuda dan pemudi Indonesia bisa tetep survive di musim galau.

Demikian

Lelaki yang menulis ketika anak dan istrinya sudah tidur | Pembaca buku yang lambat | Pemimpi yang arogan | Karyawan swasta yang ingin pensiun | Mau liburan tapi gak punya cuti | Percaya bumi itu, bulat atau datar? | Terimakasih telah berkunjung, semoga menyenangkan. Jika berkenan, silakan baca tulisan kami yang lainnya. Untuk bisnis dan kerja sama silakan hubungi saya melalui halaman kontak

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*